Sukses

Beauty

Benarkah Kolagen Bisa Mencerahkan Kulit dengan Cepat?

Fimela.com, Jakarta Kulit putih menjadi salah satu standar kecantikan di beberapa negara. Sebagian orang pun rela mengeluarkan uang lebih untuk perawatan kulit agar terlihat lebih cerah, salah satunya dengan membeli produk-produk yang mengandung kolagen. Kolagen dipercaya ampuh untuk mencerahkan dan memutihkan kulit dalam waktu yang relatif cepat. Namun, benarkah demikian?

Dilansir dari healthline.com, kolagen sendiri merupakan protein yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh. Kolagen membentuk sekitar 30 persen dari seluruh protein dalam tubuh manusia dan banyak ditemukan di tulang, tendon, ligamen, tulang rawan, dan kulit, serta jaringan ikat lainnya.

Kolagen berperan dalam menjaga kekencangan, elatisitas dan struktur kulit. Seiring bertambangnya usia, tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan timbulnya kerutan, garis halus, dan kulit kendur. Selain itu, kolagen juga sering digunakan untuk meredakan nyeri sendi, meningkatkan pertumbuhan kuku, memperkuat rambut, memperkuat tulang, dan mendukung kesehatan jaringan ikat.

Peran Kolagen dalam Mencerahkan Kulit

Kolagen dikenal karena perannya dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan ini banyak ditemukan dalam produk pemutih kulit seperti krim, serum, masker, maupun suplemen. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kolagen tidak berhubungan secara langsung dalam mencerahkan atau memutihkan kulit.

Dilansir dari mediluxegulf.com, kolagen dipercaya dapat memberikan efek memutihkan kulit dengan mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Jika melanin pada kulit berlebihan, dapat menyebabkan bintik hitam, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi. Dalam mekanismenya, kolagen akan menghambat aktivitas enzim tirosinase, yang bertanggung jawab atas produksi melanin. Ketika produksi melanin berkurang, kulit tampak lebih cerah.

Namun, efek mencerahkan dari kolagen tidak lah instan. Sebab, kolagen bekerja lebih banyak untuk menjaga kesehatan kulit. Diperlukan waktu yang cukup lama agar kulit dapat terlihat lebih cerah dengan kolagen. Biasanya produk untuk mencerahkan kulit dengan kolagen mengandung bahan pencerah kulit lainnya seperti glutathione, vitamin A, dan vitamin C.

Kegunaan Kolagen bagi Kulit

Di samping mencerahkan, kolagen memiliki banyak sekali kegunaan dalam menjaga kesehatan kulit. Kolagen mampu meningkatkan hidrasi kulit, sehingga kulit tampak awet muda serta tidak mudah mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis harus, kerutan, dan kusam. Kolagen dapat membantu menyamarkan bekas luka, maupun stretchmarks. Selain itu, kolagen mampu memperbaiki tekstur kulit, kekencangan, dan mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Peran utama kolagen adalah memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan ke seluruh tubuh, khususnya kulit. Peran spesifik kolagen meliputi:

  • Membantu pembentukan fibroblas di dermis (lapisan tengah kulit), yang membantu pertumbuhan sel-sel baru.
  • Berperan dalam menggantikan sel kulit mati.
  • Menyediakan penutup pelindung untuk organ.
  • Memberikan struktur, kekuatan dan elastisitas pada kulit.
  • Membantu darah Anda membeku.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesDesember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading