Sukses

Entertainment

Marshanda dan Artis-Artis Dunia yang Terjangkit Bipolar

Fimela.com, Jakarta Perubahan sikap drastis, dibarengi perilaku aneh, yang dialami Marshanda memang mengejutkan banyak orang. Setelah dilakukan pemeriksaan medis, terkuaklah bahwa bintang sinetron Bidadari ini mengalami gangguan bipolar. Marshanda pun sempat menceritakan bagaimana asal muasal gangguan ini bisa ‘mampir’ ke tubuhnya.

Baca Juga: Awal Mula Marshanda Mengidap Bipolar Disorder (Part 1)

Awalnya, bipolar memang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia sehingga memicu rasa penasaran banyak orang. Tidak heran, kasus bipolar memang belum banyak terkuak di negeri kita. Meski demikian, gangguan ini sudah sangat umum di luar negeri, bahkan sempat dialami beberapa bintang dunia. Siapa saja yang pernah mengalaminya?

Demi Lovato

Demi Lovato (Bintang/EPA)

Awalnya, tak ada seorang pun tahu alasan Demi Lovato mendadak menjalani rehabilitasi pada tahun 2012. Hingga akhirnya, dia bicara pada publik bahwa dirinya mengalami bipolar dan bulimia sekaligus. Beruntung dia berhasil menutupinya dari publik dan mencari bantuan di saat yang tepat. Tahun 2014, dia kembali mengalami gangguan yang sama, namun dia berhasil mengendalikannya tanpa rehabilitasi.

Robin Williams

Robin Williams (via parade.com)

Siapa yang tidak terkejut saat mendengar kabar aktor kawakan Robin Williams memutuskan bunuh diri pada tahun 2014. Setelahnya, baru terungkap berbagai cerita pilu dalam hidup bintang Night at the Museum ini. Sebelum meninggal, dia telah bertahun-tahun berhadapan dengan bipolar dan depresi. Sempat muncul kabar bahwa dia juga mengalami masalah ekonomi.

Britney Spears

Britney Spears (Bintang/EPA)

Sejak Britney Spears menggunduli kepalanya pada tahun 2007, berbagai spekulasi tentang penyakitnya pun beredar. Namun melihat perilaku aneh dan perubahan emosi drastis yang dialaminya, banyak ahli yang menyimpulkan bahwa bipolar memang menyerang Britney. Hingga saat ini, dia masih berada di bawah pengawasan ayahnya.

Kurt Cobain

Kurt Cobain

Hingga saat ini, tidak ada bukti medis yang mengatakan Kurt Cobain mengalami bipolar. Namun melihat perilaku yang ditunjukkannya, publik memilih percaya bahwa pentolan Nirvana ini memang mengidap penyakit tersebut. Kurt Cobain sendiri memilih bunuh diri pada tahun 1994, saat dirinya berada di puncak popularitas.

Catherine Zeta-Jones

Catherine Zeta-Jones dan suaminya, Michael Douglas (Bintang/EPA)

Di antara sekian banyak artis yang mengalami bipolar, Catherina Zeta-Jones adalah salah satu yang tak terungkap. Publik baru tahu soal gangguan ini setelah dia mengungkapkannya pada dunia. Salah satu alasannya mengungkapkan hal ini adalah karena dia ingin memberi semangat pada penderita lain agar tidak segan menjalani terapi penyembuhan.

Mel Gibson

Mel Gibson (via linternaute.com)

Siapapun yang mengalami bipolar hampir bisa dipastikan akan mengalami gejolak dalam hidupnya. Hal ini pula yang dialami oleh Mel Gibson yang menunjukkan tindakan sangat kasar, baik dalam bentuk verbal maupun fisik pada pasangannya, Oksana Grigorieva. Bahkan hingga keduanya berpisah, Mel Gibson seolah tak bisa berhenti melontarkan kata kasar pada Oksana Grigorieva.

Amy Winehouse

Amy Winehouse

Wanita yang satu ini dikenal karena kehidupannya yang bisa dibilang penuh gejolak. Hal ini beralasan mengingat dia memang didiagnosa mengalami bipolar. Namun nyatanya, kegagalan rumah tangga, penyalahgunaan obat terlarang, dan kecanduan alkohol tak membuatnya gagal bermusik. Hingga akhirnya, dia ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada Juli 2011 akibat keracunan alkohol.

Baca Juga: Seperti Marshanda, Artis Indonesia Ini Juga Dibayangi Gangguan Bipolar

Walau mereka sama-sama didiagnosa mengalami bipolar, namun gejala dan efek yang mereka tunjukkan berbeda satu sama lain. Tentu saja, selain mereka masih banyak bintang-bintang lain yang mengalami gangguan ini. Semoga apa yang dialami Marshanda dan para bintang ini bisa memberi kita pelajaran.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading