Sukses

Entertainment

Respon 7 Publik Figur Soal Ceramah Kontroversial Oki Setiana Dewi, Ada yang Bikin Video Parodi

Fimela.com, Jakarta Nama Oki Setiana Dewi tiba-tiba menjadi perbincangan publik buntut dari video ceramahnya yang viral sejak Rabu (2/2/2022). Dalam penggalan video yang beredar di sosial media, ceramah Oki Setiana Dewi menuai kontroversi karena dianggap menormalisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suami.

Dalam ceramah yang diketahui berlangsung di Magelang, sekitar dua tahun lalu itu, kakak kandung Ria Ricis itu menceritakan tentang seorang istri di Jeddah yang menutupi KDRT yang dilakukan suami pada orangtuanya. Sadar ceramahnya itu menuai kontroversi, Oki Setiana Dewi pun sudah meminta maaf ke publik melalui akun Instagram pribadinya.

Sebelum akhirnya muncul dan meminta maaf, ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT sudah menuai respon beragam dari warganet, termasuk beberapa publik figur. Berikut FIMELA merangkum beberapa publik figur yang ikut merespon ceramah kontroversial Oki Setiana Dewi soal KDRT.

 

Pertanyaan Sandhy Sondoro

Di Instagram, salah satu yang ikut memiralkan ceramah dari Oki Setiana Dewi adalah akun permadiaktivis2. Sambil mengunggah video yang dimaksud, ia menuliskan rangkuman isi ceramah tersebut menurut pemikirannya yang akhirnya dikomentari oleh Sandhy Sondoro.

"Bagaimana perasaan anda bila ibu kandung anda dipukuli oleh bapak kandung anda? Atau bila anda dit4mpol hingga bonyok oleh suami anda? Cuma nanya hehe," tulis akun terverifikasi Sandhy Sondoro.

Perumpamaan Deddy Corbuzier

Masih di kolom komentar postingan permadiaktivis2, mentalis Deddy Corbuzier pun ikut berpendapat. "Kalau gue yg mukul gak bisa nangis... gak bangun lagi soalnya," tulisnya.

Statement Tegas Najwa Shihab

Jurnalis Najwa Shihab juga tak ketinggalan menanggapi video viral yang menyeret nama Oki Setiana Dewi. Di laman Instagramnya, ia mengunggah sebuah video perbincangannya dengan ayahnya, Quraish Shihab yang berkaitan dengan isu KDRT. Dalam perbincangan tersebut, ulama terkenal itu sempat melontarkan penilaian Nabi Muhammad tentang orang yang melukai istrinya.

Mendengar apa yang dilontarkan ayahnya itu, Najwa Shihab lantas kembali menegaskan statment sang ayah, "Tidak ada yang memukul istrinya kecuali orang yang gagal," tegas Najwa Shihab.

Pandangan Ustaz Derry Sulaiman

Mantan musisi, yang kini sudah mantap menjadi pendakwah, Derry Sulaiman pun tak ketinggalan untuk mengomentari isi ceramah Oki Setiana Dewi. Ia menyampaikan pandangannya terkait maksud yang ingin disampaikan sang Ustazah di video tersebut.

"Menurut saya, ustadzah okisetianadewi bukan sedang membela KDRT! Namun beliau sedang mengajarkan para istri untuk bersabar, senantiasa memaafkan & menutupi kesalahan suami. Ambil hikmah dalam setiap tausyah yang kita dengar bukan mencari-cari kesalahan ustad/ustadzah. STOP KDRT!!!," tulisnya.

Parodi Kartika Putri

Aktris Kartika Putri memiliki cara berbeda untuk merespon ceramah dari Oki Setiana Dewi. Ia membuat video parodi sedang mendengarkan ceramah dari Oki Setiana Dewi dan diunggah di laman Instagramnya.

Di video tersebut, terdengar Karput tak sedang mendengarkan ceramah Oki Setiana Dewi yang membahas soal KDRT, melainkan soal kaum rebahan dengan caption setuju dengan ceramah yang ia saksikan di gadgetnya itu. "Masya Allah, ustazah Oki kalo ngomong suka ada benernya," kata Kartika Putri dalam penggalan captionnya.

Meski secara konteks tak ada kaitannya dengan video viral ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT, namun warganet beranggapan jika istri Habib Usman bin Yahya itu sedang menyindir hal tersebut. "Ini sengaja nge-tag yang lagi ramai di Twitter ya ka," tulis salah satu netizen di kolom komentarnya.

Imbauan Fajar Nugros

Tak hanya Instagram, komentar publik tentang isi ceramah Oki Setiana Dewi yang dianggap menormalisasi KDRT pun ramai di Twitter. Fajar Nugros, salah satu sutradara menolak tegas isi ceramah Oki Setiana Dewi.

"Cerita2 begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yang brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy. Kalo suamimu memukul, segera visum dan lapor polisi ya," cuitnya.

Permintaan Maaf Oki Setiana Dewi

Melalui akun Instagramnya, Omi Setiana Dewi akhirnya meminta maaf atas polemik yang terjadi akibat video ceramahnya beberapa tahun lalu itu.

"Assalamu'alaikum sahabat semua, kemarin saya mendapatkan pesan dari beberapa teman mengenai potongan ceramah saya 2 atau 3 tahun lalu. Di atas inilah videonya versi lebih panjang. Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya. Mohon doa agar Allah membimbing setiap ucap hingga kedepannya mendatangkan maslahat. InsyaAllah saya akan terus belajar, memperbaiki diri dan menyampaikan dengan lebih baik ke depannya. Mohon bimbingan juga dari sahabat2 semua," katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading