Sukses

Entertainment

6 Pasangan Artis yang Menikah Beda Agama, Masih Langgeng dan Harmonis hingga Kini

Fimela.com, Jakarta Keberadaan pernikahan beda agama di Indonesia, sebuah negara yang berakar pada nilai-nilai keagamaan dan kepercayaan kepada Tuhan, seringkali menjadi topik yang sangat sensitif dan memicu berbagai pendapat. Situasi yang serupa juga dihadapi oleh beberapa tokoh terkemuka di Tanah Air.

Daftar selebriti yang menikah dengan pasangan dari agama yang berbeda telah menjadi sorotan publik, memicu beragam respons ketika pernikahan mereka pertama kali diumumkan. Meskipun demikian, hubungan mereka tetap harmonis dan kokoh hingga kini. Mereka meyakini bahwa perbedaan dalam keyakinan tidak menghalangi mereka dalam menjalani kehidupan pernikahan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang selebriti yang menikah beda agama? Berikut adalah ringkasannya, dirangkum pada Senin (06/05/2024).

Mikha Tambayong dan Deva Mahenra

Pada 28 Januari 2023, terjadi pernikahan yang tak terduga antara Mikha Tambayong dan Deva Mahenra di Bali, yang menjadi sorotan utama di media sosial. Sebelumnya, tidak ada kabar mengenai rencana tersebut, sehingga muncul pertanyaan di kalangan pengguna internet tentang perbedaan agama keduanya. Mikha menganut agama Katolik sementara Deva beragama Islam.

Hingga saat ini, keduanya belum secara terbuka mengungkapkan agama yang mereka anut setelah menikah. Namun, dari unggahan pribadi Mikha di Instagram, terlihat mereka merayakan Idul Fitri pertama sebagai sepasang suami istri pada tanggal 22 April 2023.

 

Jennifer Kurniawan dan Irfan Bachdim

Hubungan pernikahan antara Jennifer Kurniawan dan Irfan Bachdim tetap stabil meskipun mereka memiliki keyakinan agama yang berbeda. Meskipun pada awalnya mereka menghadapi kesulitan karena tidak mendapat restu, hubungan mereka tetap terjaga dalam harmoni sampai saat ini.

Sudah 13 tahun sejak mereka menikah, dan mereka diberkahi dengan empat anak yang diberi nama Kiyomi Sue Bachdim, Kenji Zizou Bachdim, Kiyoji Kaynen Bachdim, dan Kiro Zayden Bachdim.

Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata

Hubungan Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata, dua artis yang memiliki keyakinan agama yang berbeda, tetap kokoh hingga saat ini. Sebelum mereka bertemu, Dimas Anggara sudah menyatakan kagumnya pada Nadine, yang saat itu sedang meraih gelar Puteri Indonesia tahun 2005.

Pada tahun 2018, tanpa dugaan, Dimas menikahi Nadine, sosok yang pernah menjadi idola masa kecilnya, di Bhutan, Nepal. Meskipun keduanya menganut keyakinan yang berbeda, dengan Dimas memeluk agama Islam sementara Nadine Katolik.

Nana Mirdad dan Andrew White

Nana Mirdad dan Andrew White merupakan pasangan yang membuat banyak orang iri dengan keharmonisan rumah tangga mereka. Mereka jarang terkena sorotan berita yang tidak mengenakkan dan selalu terlihat serasi di berbagai platform media sosial.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun begitu, pernikahan Nana dan Andrew diwarnai perbedaan agama, dimana Nana menganut Kristen Protestan sedangkan Andrew adalah seorang Katolik.

Kini, setelah berbagi kehidupan bersama, mereka dikaruniai dengan dua orang anak yakni, Jason Deandra White dan Sarah Deana White. Serta tanggal 13 Mei 2024 akan menjadi perayaan pernikahan mereka yang ke-18.

Sarah Sechan dan Neil Furuno

Pada pernikahan keduanya, Sarah Sechan, seorang artis terkenal dan pembawa acara asal Indonesia, memilih untuk menikah dengan Neil Furuno, seorang pria Kristen, walaupun agama Sarah adalah Islam.

Pernikahan Sarah berlangsung pada bulan Maret 2015 di Los Angeles, dengan kehadiran sejumlah tamu terbatas dan suasana yang intim.

Meskipun perbedaan keyakinan, keluarga Sarah sepertinya tidak mengalami masalah dengan keputusannya dan juga merasa senang atas pilihan Sarah. Saat ini, Sarah dan Neil telah memilih untuk menetap di Singapura.

Rizky Febian dan Mahalini Raharja

Berbeda dengan pasangan selebriti sebelumnya, Rizky Febian dan Mahalini Raharja memilih untuk menjalin ikatan pernikahan dengan keyakinan agama yang sama. Sebelumnya, diketahui bahwa keduanya memiliki agama yang berbeda, dengan Rizky beragama Islam dan Mahalini menganut agama Hindu.

Namun, tahap serius pernikahan diawali dengan prosesi Mepamit oleh Rizky Febian dan Mahalini. Mepamit adalah bagian dari rangkaian upacara dalam tradisi Hindu di Bali. Dalam upacara ini, Mahalini meninggalkan kepercayaan Hindu dan menggantinya dengan agama Islam sebelum akhirnya bersatu dalam ikatan pernikahan dengan Rizky Febian.

Informasi ini disampaikan oleh Sule, ayah dari Rizky Febian, yang menjelaskan bahwa calon menantunya akan memeluk agama Islam sebelum pernikahan berlangsung.

“Semua sudah selesai. Jadi, ini tuh acara mepamit, pamitan dari keluarga dan leluhur Lini, bahwasanya Lini akan berpindah agama, dan sudah diizinkan,” kata Sule dikutip dari SL Media.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Warganet Terkait Artis Menikah Beda Agama

Nikah Beda Agama Boleh atau Tidak?

“Sesuai dengan Munas VII MUI tahun 2005, telah diputuskan bahwa menikah beda agama adalah haram dan tidak sah. Memang ada berbagai pendapat berbeda muncul terkait hal ini. Namun, perlu diingat lagi bahwa saat ini kita tinggal di Indonesia jadi tolong jangan mencari-cari pendapat lain,” Ucapnya.

Apakah Orang Kristen Bisa Menikah dengan Orang Islam?

Dalam Pasal 44 KHI ditegaskan bahwa wanita Islam tidak boleh menikahi pria yang tidak memeluk agama Islam. Fatwa MUI 4/2005 juga menegaskan bahwa perkawinan antara dua agama adalah dilarang dan tidak sah.

Apa Agama Mahalini?

Diketahui bahwa Rizky Febian adalah seorang yang beragama Islam, sementara Mahalini menganut agama Hindu. Meskipun dianggap bahwa tembok pemisah agama terlalu tinggi, keduanya menunjukkan komitmen mereka sejak masa pacaran. Terlihat bahwa perbedaan keyakinan tidak menjadi penghalang bagi hubungan cinta mereka.

Apakah Mahalini dan Rizky Febian Beda Agama?

Pernikahan pasangan penyanyi muda itu menjadi sorotan karena perbedaan agama yang mereka miliki. Rizky Febian, yang beragama Islam, berikatan dengan Mahalini, yang menganut kepercayaan Hindu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading