KAPANLAGI NETWORK
MORE

Inilah Berat Shoulder Bag, Clutch, Tote Bag yang Dianjurkan untuk Kesehatan Tulang

Kamis, 11 Januari 2018 16:00 Oleh: Melida Rostika

Bukan hanya ransel, atau sepatu hak bahkan, ternyata berat isi clutch yang berlebih akan tidak baik untuk kesehatan tulang.

Tas adalah jantung hati dari setiap penampilan. Setiap perempuan rasanya akan memilih model, warna sampai ukuran tas yang sesuai demi memberi percikan atau gong sekalian dalam ootd-nya. Selain fungsinya sebagai fashion item, tas akan menampung segala kebutuhan kita saat bepergian. Dompet, handphone sampai alat make up biasanya akan bersarang di tas seorang perempuan setiap harinya. Namun tunggu dulu, sudahkah kita perhatikan berat beban tas yang dibawa sehari-hari? Bila kelewat berat, akan membahayakan kesehatan tulang. 

Membawa tas yang terlalu berat bisa menyebabkan sakit, nyeri, ketegangan, bahkan peregangan otot. Dilansir dari Shefinds.com, Dr. Evelyn Haworth, ahli chiropractor mengungkapkan berapa  sebenarnya berat optimal tas perempuan yang dianjurkan. Scroll down to find out! 

 

Shoulder Bag

Perempuan memang terkadang merasa paling cocok menggunakan Shoulder Bag setiap hari. Dengan ukuran yang cukup besar, she definitely can put everything in it! Namun sebenarnya, berat maksimum Shoulder Bagseharusnya hanya 10% dari berat badan kita. Sebagai contoh, bila berat badan kita 50 Kg, berat tas tak boleh melebihi 5 Kg. Penggunaan Shoulder Bag dengan strap berdiameter agak lebar akan lebih baik. Dan jangan lupa, untuk tidak selalu meletakan tas di satu bahu saja secara terus-menerus, hal ini untuk menghindari perubahan struktur tulang bagian bahu. 

 

Backpack

Untuk tas ransel, kita memang bisa membawa berbagai barang yang agak berat, namun selalu ingat bahwa berat tas ransel hanya boleh 20% dari berat badan kita. Pastikan bagian bawah tas pas berada sejajar dengan pinggang, agar sesuai dengan lekukan alami tubuh. Poin bonus jika memiliki sabuk di sekitar pinggang pada tas ransel kesayangan, yang mampu menolong kita membawa berat beban tas tersebut. 

 

Tote

Dengan tali yang terlalu kecil untuk bahu, tote bags designer harus dibawa dengan gaya “Arm-Hook Crook” atau diselipkan di bagian pangkal lengan. Untuk urusan berat tote bags,  jangan sampai melebihi 4 Kg. Dan cobalah untuk tidak mengangkatnya dari lantai, yang bisa menyiksa punggung kita. Sebagai gantinya, simpan di rak atau meja sekalian sehingga kita tidak perlu membungkuk untuk mengangkatnya. 

 

Clutch

Clutch, satu fashion item yang begitu chic. Walau tanpa menggunakan tali atau strap, ternyata bila tidak diperhatikan, clutch dengan berat yang berlebih juga mampu membahayakan kesehatan tulang, karena memeluk tas, bila terlalu lama dan terlalu berat akan membuat nyeri sendi pada pergelangan tangan. Untuk soal berat, Clutch sebaiknya tidak boleh melebihi 5 Kg saat dibawa sehari-hari. 

 

Beberapa jenis tas di atas memang mampu membawa berbagai kebutuhan kita dalam sekali angkut, namun penggunaan setiap hari, memang memiliki dampak yang kurang baik. Ada baiknya untuk mengganti model tas setiap harinya, dan lebih baik lagi bila meminimalisir barang bawaan kita. Sebaiknya cukup ponsel beserta charger dan headset, dompet dan berbagai kartu penting saja yang wajib dibawa setiap hari. Tengok berbagai pilihan tas mikro atau mini bag yang sedang hits. Selain mampu ciptakan tampilan yang minimalis dan chic, tas mini sudah pasti tak akan membahayakan kesehatan tulang kita karena ukuran dan beratnya yang ringan, bukan begitu ? 

 

 

(pic : Pinterest )

Komentar Anda
Keep going