Sukses

Fashion

London Fashion Week 2019 Diprotes Para Aktivis Lingkungan, Kenapa?

Fimela.com, Jakarta Gelaran London Fashion Week 2019 didatangi ratusan aktivis lingkungan hidup. Di hari kedua penyelenggaraan London Fashion Week 2019, para aktivis ini meminta British Fashion Council untuk menggunakan platform yang mampu mengatasi perubahan iklim. Para aktivitas pun menilai bahwa gelaran fashion ini menjadi salah satu penyebab terjadinya darurat iklim.

Aksi protes ini dilakukan oleh sekelompok aktivis Extinction Rebellion yang memblokir jalan di area luar peragaan busana di Tate Britain. Mereka berupaya untuk mendorong London Fashion Week 2019 agar membantu mengatasi perubahan iklim akibat fashion.

Dikutip dari Independent pada Senin (18/2/2019) Sara Arnlod menjelaskan bahwa industri fashion memiliki potensi untuk menjadi kekuatan revolusioner dalam mengatas perubahan iklim. Para aktivis menargetkan London Fashion Week karena menjadi pendorong utama terhadap tren global di industri fashion.

Arnold menuding bahwa bencana yang belakangan terjadi merupakan akibat dari perubahan iklim. Selain itu, banyak spesies yang kehilangan habitatnya karena ketersediaan pangan dan lahan yang berkurang. Para aktivis pun menantang British Fashion Council untuk menyediakan program yang mampu mengatasi keruntuhan ekologis.

 

Kritik para aktivis terhadap gaya hidup yang konsumtif

"Kami di sini bukan utnuuk memberikan solusi sebagaimana seharusnya, tetapi jika mereka berpikir bahwa saat ini sebagai keadaan darurat, apakah para model, pers, dan pembeli akan rela terbang ke mana pun hanya untuk melihat pakaian?," ujar Sara Arnold.

Kedatangan para aktivis ingin memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa kepunahan yang akan segera terjadi ini dipicu oleh gaya hidup konsumsi masyarakat yang tinggi. Selain itu, mereka mempertanyakan soal sumber daya yang digunakan para desainer untuk membuat busana.

Namun British Fashion Council menurutkan bahwa perhatian mereka kini terhadap Positive Fashion Initiative. Fokus ini bertujuan untuk merayakan praktik terbaik industri dan mendorong keputusan bisnis di masa depan untuk menciptakan perubahan positif.

Loading