Sukses

Food

Tips Simpan Daging yang Tepat agar Awet Sampai 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Buat sahabat fimela yang sering mengonsumsi daging dan punya daging sisa jangan sampai salah cara untuk menyimpannya. Daging yang disimpan dengan tepat ternyata bisa tahan sampai 1 tahun lho! Penasaran bagaimana cara menyimpan daging dengan tepat agar awet sampai 1 tahun? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Cuci daging

Mencuci daging bisa meningkatkan kelembapan. Daging yang basah dan lembap rawan terkontaminasi bakteri sehingga mudah rusak. Maka daging yang disimpan sebaiknya dalam keadaan kering.

2. Potong daging

Sebelum disimpan, sebaiknya potong daging dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Selain mudah disimpan, memotong daging jadi ukuran lebih kecil mempermudah sahabat fimela untuk mengambul jumlah yang tepat saat akan memasak. Hal itu menghindari daging keluar masuk terlalu sering. Perlu diingat bahwa suhu yang tidak konsisten akan merusak daging.

3. Simpan di tempat kecil

Agar lebih mudah mengambilnya, pisahkan potongan-potongan daging di wadah kecil seperti kantong plastik atau food container. Untuk menyimpan di dalam wadah jangan tumpuk dagingnya ya supaya tidak menempel dan sirkulasi udara antara daging tetap baik.

4. Dinginkan sebelum disimpan

Daging yang sudah siap disimpan sebaiknya kamu letakkan terlebih dahulu di kulkas sampai suhunya cukup rendah dan tidak berasa lembap. Baru kemudian, pindahkan daging ke freezer. Letakkan di bagian paling dingin dan jangan sering dipindah posisi.

5. Cairkan sebelum dimasak

Jika kamu akan memasak daging yang sudah dibekukan, sebaiknya pindahkan daging dan wadahnya ke bagian chiller kulkas ya. Pindahkan daging 1 malam sebelum kamu akan memasaknya, sehingga ketika ingin diolah daging tidak beku.

Itu tadi beberapa cara menyimpan daging yang tepat supaya awet selama 1 tahun. Sahabat fimela bisa perhatikan cara-cara di atas agar tidak salah menyimpannya ya!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading