Sukses

Food

Resep Sup Tomat Anti Membosankan yang Wajib Dicoba

Fimela.com, Jakarta Sup tomat memang sudah menjadi hidangan klasik yang sering disajikan. Apalagi ketika badan sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja. Jika bosan dengan sup tomat yang itu-itu saja apakah kamu pernah mencoba makan sup tomat dengan sajian yang berbeda? Misalnya dengan ditambahkan keju.

Sup tomat keju terbuat dari bahan-bahan yang simpel dan mudah didapatkan. Bahkan, New York Times sendiri merekomendasikan resep ini jika kamu bingung mau masak apa untuk makan di rumah. Tidak hanya itu, sup tomat keju ini bisa disajikan dengan keju panggang yang terbalur dalam roti yang renyah. Untuk menikmati kelezatan kejunya kamu bisa buat menjadi sandwich keju. Maka dari itu, sup ini populer dengan nama sup tomat keju. 

Penasaran dengan sup tomat keju ini? Berikut resep membuat sup tomat keju dari New York Times yang bisa kamu ikuti. 

Resep sup tomat keju

Bahan-bahan 

Untuk sup tomat: 

  1. 2-3 buah tomat segar yang sudah dikupas kulitnya 
  2. ¾ cup kaldu ayam atau sayur (Boleh juga dilebihkan, sesuai selera)
  3. 1 buah bawang bombai, cincang kasar 
  4. 4 sendok teh margarin tawar 
  5. 1 ½ sendok teh oregano kering 
  6. 1 sendok teh gula 
  7. Garam dan lada secukupnya 

Untuk sandwich keju pada sup 

  1. Mayonnaise 
  2. 8 buah roti tanpa pinggiran 
  3. 1 cup mozzarella parut 
  4. ¼ sendok teh oregano kering 
  5. 2 sendok teh margarin tawar 

Alternatif untuk tomat segar bisa pakai tomat kaleng yang dijual di toko-toko. Tidak hanya itu, selain kaldu ayam atau sayur kamu juga bisa mengganti bahan dengan kaldu jamur maupun jenis kaldu lain agar masakan tetap terjaga kandungan sehatnya. 

Cara membuat sup tomat keju

Berikut step=step membuat sup tomat keju 

  1. Untuk bagian sup: Masukkan campuran tomat ke dalam wadah berukuran sedang, hancurkan hingga menjadi bubur dan tambahkan kaldu.
  2. Masukkan bawang bombai, oregano, dan gula, serta garam dan lada secukupnya. Atur tingkat panas menjadi tinggi dan biarkan mendidih. 
  3. Kemudian kurangi api menjadi sedang dan terus aduk hingga bawang dan tomat menyatu selama 15 sampai 20 menit. 
  4. Untuk bagian sandwich keju: olesi permukaan roti dengan mayonaise dan beri taburan keju mozzarella serta oregano di atas mayonnaise. Tutup dengan keju slice sehingga mayonnaise berada di sisi bawah.  
  5. Lelehkan 1 sendok teh margarin di atas wadah berukuran sedang, masukkan sandwich dan masak hingga berwarna kecokelatan di bawahnya selama 2 hingga 3 menit. Lelehkan sisa margarin dan balik sandwich dengan spatula, masak sisi tersebut hingga berwarna kecokelatan dan kejunya meleleh selama 1 sampai 2 menit, kecilkan api dan biarkan sandwich hangat. 
  6. Blender tomat sup hingga lembut dan bertesktur krim, tambahkan kaldu jika kamu suka. Jangan lupa beri taburan garam dan lada, di wadah lain keju panggangnya dipotong setengah diagonal dan sajikan bersama sup. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading