Sukses

Food

5 Tips Meal Prep saat Diet, Bantu Pola Makan yang Teratur dan Terencana

Fimela.com, Jakarta Makanan yang tepat sangat dibutuhkan ketika seseorang sedang menjalani diet. Di tengah kesibukan dan jadwal yang padat, perencanaan makanan dapat menjadi solusi supaya diet dapat berjalan dengan lancar. Tak hanya mempersingkat waktu, perencanaan ini juga bisa membantu untuk mencapai target yang telah ditentukan. Itulah sebabnya, dikenal istilah meal prep atau meal preparation yang sangat penting dilakukan saat diet. 

Sesuai dengan sebutannya, meal prep atau meal preparation adalah sebuah cara untuk menyiapkan makanan dan camilan agar seseorang dapat mempertahankan pola makan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang. Mengutip dari Healthline, meal prep dapat memberikan kebebasan pada setiap orang untuk memilih makanan sehat sesuai preferensi pribadi. Bahkan, di hari yang sibuk pun, kamu tetap dapat menikmati makanan yang telah dipersiapkan. 

Kali ini, terdapat tips-tips yang bisa dicoba untuk melakukan meal prep untuk diet sehat. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah tips-tipsnya:

1. Mulailah dengan Membuat Daftar Makanan

Sebelum membeli makanan yang dibutuhkan, luangkan waktu untuk menuliskan bahan-bahan yang menjadi kesukaanmu. Melansir dari Eating Well, daftar makanan ini bisa membuat perencanaan menu mingguan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, cek bahan makanan yang ada di dalam lemari es dan carilah resep-resep makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diet. 

Pastikan untuk menambahkan sumber serat, protein, dan lemak sehat ke dalam makanan. Hal ini dilakukan agar rasa kenyang dapat tetap bertahan dalam waktu lama. Sebaiknya konsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan rendah gula untuk menurunkan berat badan. 

2. Konsumsi Makanan dengan Padat Nutrisi

Ketika diet, kamu bisa mendapatkan banyak nutrisi dengan mengonsumsi makanan secara beragam. Diketahui dari Healthline, kamu dapat memilih pilihan buah seperti buah beri, pisang, atau apel. Pilihlah sayuran yang tidak mengandung tepung, misalnya bayam, paprika, kembang kol, jamur, dan lain-lain.

Jika ingin mencoba sayur yang mengenyangkan, kamu dapat memilih ubi jalar ataupun kentang. Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk bahan pelengkap makanan. Sebagai camilan, kamu bisa memilih kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu tanpa pemanis. 

Sedikit tambahan tips, sebaiknya potong-potong buah dan sayuran terlebih dahulu agar lebih instan dan praktis. Setelah itu, simpan di dalam lemari es dan konsumsi sebagai camilan sehat di waktu luang. Selalu perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

3. Mulai dari Sesuatu yang Kecil

Jika merasa terbebani atau kewalahan untuk menyiapkan makanan selama satu minggu. Maka, mulailah secara pelan-pelan. Rencanakan makanan hanya dalam kurun waktu yang sedikit, misalnya tiga atau empat hari saja. Fokuskan perencanaan tersebut untuk beberapa hari dan lakukan secara bertahap. Dengan melakukan cara tersebut, kamu tidak perlu untuk merasa takut saat melakukan meal prep.

4. Luangkan Waktu untuk Memasak

Untuk meal prep, pilih metode memasak yang lebih sehat dan lebih rendah lemak, contohnya dengan memanggang atau membakar. Berikan batasan untuk menggoreng makanan, apalagi jika menggunakan terlalu banyak minyak. Dengan cara tersebut, kamu dapat mengurangi kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Dibandingkan menggoreng, cobalah metode memasak dengan menumis atau mengukus sebagai alternatif. Pilih wajan antilengket sebagai alat memasak yang lebih mudah. 

 

5. Mengulangi dengan Cara yang Sama

Meal prep tidak selalu bervariasi di setiap minggunya, apabila kamu telah menemukan ide persiapan makanan yang sudah cocok, maka kamu juga bisa menggunakan menu yang sama secara berulang. Sebagian besar orang mungkin merasa tidak masalah. Namun, kembali lagi pada selera masing-masing. Apabila kamu merasa bosan, maka kamu dapat mempertimbangkan dan menentukan kembali. Tidak ada salahnya untuk mengulangi siklus meal prep yang sama jika tidak memiliki banyak waktu. 

Sekian tips-tips untuk meal prep agar pola makan lebih terencana dan teratur. Makanan memang memegang peranan penting untuk mengatur berat badan. Perhatikan kandungan makanan tersebut dan kendalikan diri supaya tetap konsisten menjalani program diet

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading