Sukses

Food

Tanpa Direndam Air, Cara Menyimpan Daun Jeruk Biar Tetap Hijau dan Tidak Kering Sampai 3 Bulan

Fimela.com, Jakarta Daun jeruk memiliki banyak kegunaan dalam berbagai jenis masakan, baik yang sederhana maupun modern. Aroma segar citrus yang dihasilkan oleh daun jeruk dapat meningkatkan cita rasa masakan, memberikan kesan yang lebih lezat. Oleh karena itu, penting untuk selalu memiliki stok daun jeruk di rumah.

Jika kamu memiliki persediaan daun jeruk dalam jumlah yang cukup, kamu dapat menggunakannya kapan saja sesuai kebutuhan. Namun, perlu diperhatikan cara penyimpanannya karena daun jeruk termasuk rempah yang mudah layu. Dalam waktu singkat, daun jeruk dapat berubah menjadi hitam dan kering.

Untuk mencegah agar daun jeruk tidak cepat kering, beberapa orang menggunakan cara penyimpanan khusus, seperti meletakkannya dalam toples berisi air. Cara ini dianggap dapat menjaga kesegaran daun jeruk lebih lama. Namun, perlu diingat untuk secara berkala mengganti air rendaman, karena jika tidak, daun jeruk dapat tetap membusuk dan layu.

Ternyata, ada cara lain yang lebih praktis untuk membuat daun jeruk tetap segar dan tahan lama. Seperti yang pernah dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok @zetty.h mengenai cara sederhana untuk menyimpan daun jeruk. 

Dengan cara tersebut, daun jeruk dapat bertahan hingga 3 bulan tanpa kehilangan kelembapannya. Bahkan setelah disimpan dalam waktu yang cukup lama, daun jeruk tetap segar, hijau, dan tidak mengering. Dengan demikian, daun jeruk masih dapat mengeluarkan aroma segar yang lezat ketika digunakan dalam memasak.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @zetty.h, pada Senin (04/12/2023).

Cara Menyimpan Daun Jeruk Dalam Freezer

Cara menyimpan daun jeruk dalam freezer perlu dikemas secara rapi untuk menghindari kekeringan selama penyimpanan. Daripada menggunakan toples atau wadah kedap udara, ia malah memilih plastik ziplock berukuran kecil.

Langkah Pertama

Persiapkan terlebih dahulu daun jeruk dan pastikan tangkainya sudah dibuang. Setelah itu, mencucinya hingga bersih dan kemudian diarahkan untuk ditiriskan. Tidak perlu menanti hingga daun jeruk benar-benar kering, asalkan tidak ada air yang menetes dari daunnya.

Langkah Kedua

Setelah itu, segera masukkan daun jeruk ke dalam kantong plastik ziplock yang sudah disiapkan sebelumnya. Disarankan untuk menaruh beberapa lembar (untuk satu kali penggunaan) dalam satu kantong plastik ziplock.

Langkah Ketiga

Kemudian rapatkan kantong plastik ziplock hingga mencapai 3/4 bagian. Sebelum sepenuhnya tertutup, singkirkan udara yang terperangkap di dalam plastik. Sambil mengeluarkannya, rapatkan kembali ziplock hingga benar-benar kedap udara, sehingga daun jeruk terlindungi seperti disimpan dalam vakum yang rapat. "Tujuannya agar kita bisa menghemat tempat di dalam freezer juga," jelasnya.

Langkah Keempat

Terakhir, simpanlah plastik berisi daun jeruk ini ke dalam freezer. Dalam video TikTok @zetty.h, ia menaruh daun jeruk yang sudah dalam plastik ziplock tersebut di pintu freezer untuk memudahkan pengambilan. Jadi, saat ingin digunakan, kamu hanya perlu mengambil satu plastik yang berisi daun jeruk dan membukanya.

Apakah Daun Jeruk Kering Bisa Dipakai?

Meskipun daun yang sudah layu atau kering masih dapat dipakai, namun daun dalam kondisi ini tidak dapat memberikan aroma secara optimal. Akibatnya, manfaat dari daun jeruk tidak akan dirasakan dengan sepenuhnya.

Daun Jeruk Bisa Untuk Obat Apa?

Daun jeruk memberikan sejumlah keuntungan bagi kesehatan, antara lain meredakan stres, melindungi dari gigitan serangga, meningkatkan kesehatan mulut, dan membersihkan peredaran darah.

Bisakah Daun Jeruk Untuk Obat Sakit Gigi?

Dalam artikel klikdokter yang ditinjau oleh dokter Atika, dijelaskan bahwa daun jeruk hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan mulut, seperti mengatasi sariawan dan merawat gusi. Tetapi, tidak ada rekomendasi penggunaan daun jeruk sebagai pengobatan untuk sakit gigi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading