Sukses

Food

Tanpa Tepung Terigu, Begini Menggoreng Ikan Anti Meletup dan Tidak Lengket

Fimela.com, Jakarta Beragam jenis ikan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Sumber protein yang terkenal ini dapat dimasak dengan cara digoreng, dibakar, ditumis, atau dipepes. Salah satu varian olahan ikan yang sangat populer adalah ikan goreng, tidak hanya lezat, tetapi juga mudah dalam proses pengolahan.

Namun, sebagian orang masih ragu untuk menggoreng ikan sendiri karena takut minyak meletup saat ikan dimasukkan ke dalam wajan. Cipratan minyak juga bisa mengenai tangan dan wajah. Selain itu, kulit ikan yang tipis seringkali lengket pada permukaan wajan, sehingga hasil akhir ikan goreng terlihat tidak utuh.

Sebagai solusi, kamu dapat menambahkan tepung terigu ke dalam minyak goreng. Tepung terigu diyakini dapat menyerap kelembaban dalam ikan, sehingga minyak tidak meletup-letup selama proses penggorengan. Dengan cara ini, ikan goreng dapat tetap utuh dan matang sempurna.

Namun, ternyata ada cara yang lebih praktis untuk menggoreng ikan, seperti yang dibagikan oleh pengguna YouTube Masakan Mamakku. Dalam video yang diunggahnya, pengguna tersebut sama sekali tidak menggunakan bahan tambahan, termasuk tepung terigu. Meski begitu, hasil ikan yang digoreng tetap utuh dan tidak lengket di permukaan wajan.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna kanal YouTube Masakan Mamakku, pada Senin (04/12/2023).

Langkah Pertama

Dikutip dari kanal YouTube Masakan Mamakku pada Senin (04/12/2023), untuk menggoreng ikan tanpa kekhawatiran minyak meletup, lakukan langkah-langkah berikut ini. 

Mulailah dengan mencuci bersih ikan yang akan dimasak, kemudian pisahkan sirip, sisik, dan ekor. Setelah itu, berikan beberapa sayatan pada tubuh ikan. 

"Terus sudah aku bumbui juga dengan garam dan penyedap rasa," terangnya.

Langkah Kedua

Setelah itu, tuangkan minyak goreng ke dalam wajan. Biarkan sebentar hingga minyak benar-benar panas. Jangan segera masukkan ikan saat minyak sudah panas. Melainkan, siram ikan terlebih dahulu dengan minyak yang sudah dipanaskan.

Langkah Ketiga

Siram-siram ikan dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. "Setelah minyak panas, lalu kita siramin ikan dengan minyak," ungkapnya lebih lanjut. 

Setelah kedua sisinya terlihat kering, masukkan ikan ke dalam wajan. Dengan kandungan air yang telah hilang, minyak goreng tidak akan meletup-letup.

Langkah Keempat

Apabila satu sisi ikan sudah matang, jangan lupa untuk membaliknya. Saat dibalik, kulit ikan tidak menempel pada permukaan wajan. Lanjutkan memasak ikan hingga kedua sisinya matang sempurna.

Langkah Kelima

Setelah matang, angkat dan tiriskan ikan goreng. Meskipun tanpa menggunakan tepung terigu, hasil ikan goreng tetap utuh dan menggoda.

Apa yang Dilakukan Saat Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket?

Cukup peras sedikit lemon ke dalam minyak yang ada dalam penggorengan. Hal ini dapat menurunkan risiko ikan lengket dan perasan lemon dapat menurunkan risiko ikan meletus atau meletupkan minyak ketika digoreng.

Kenapa Goreng Ikan Lengket di Wajan?

Memasukkan ikan di wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan jadi lengket hingga hancur. Jadi, usahakan minyak sudah benar-benar panas sebelum ikan digoreng.

Apa Tips dan Trik yang Dapat Dilakukan Untuk Menggoreng Ikan dan Mendapatkan Tekstur yang Garing?

Jika Anda menginginkan ikan yang benar-benar garing, Anda perlu menggorengnya dengan metode deep-frying, yaitu menggoreng makanan hingga terendam seluruhnya dalam minyak panas. Jika minyak terlalu sedikit, ikan dapat cepat gosong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading