Sukses

Food

Tidak Harus Pakai Minyak Goreng, Cara Ini Bisa Bikin Nasi Pulen dan Awet - Cukup 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Memasak nasi sudah menjadi kebiasaan umum bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Dengan memakai rice cooker, nasi dapat dihasilkan dengan tekstur pulen dan matang dengan sempurna.

Meskipun demikian, penggunaan rice cooker juga memiliki kelemahan sendiri. Pada beberapa kasus, nasi yang dimasak terkadang menjadi keras dan kering. Ini sering terjadi ketika rice cooker yang digunakan sudah mengalami keausan, atau mesinnya memanaskan nasi pada suhu yang lebih tinggi saat disimpan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagian orang sering menambahkan bahan lain saat memasak nasi. Salah satu di antaranya adalah minyak goreng atau margarin. Kedua bahan ini sering ditambahkan agar nasi tetap pulen dan tidak kering, terutama saat disimpan dalam kondisi hangat di dalam rice cooker.

Sayangnya, penggunaan minyak goreng dan margarin dapat berpotensi membuat nasi cepat menjadi basi. Nah, selain menggunakan minyak goreng atau margarin, sebenarnya terdapat opsi bahan lain yang dapat digunakan.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @pasarsegar.co.id, pada Jumat (08/12/2023).

Pengguna TikTok yang Mengungkapkan Tips

Penggunaan bahan tambahan ini dianggap lebih efektif dalam menciptakan tekstur nasi yang pulen dan harum. Pengguna TikTok dengan akun @pasarsegar.co.id menjelaskan secara rinci mengenai bahan tersebut.

Dalam salah satu video yang diunggah, yang menariknya, bahan dapur ini juga mampu memberikan aroma harum pada nasi. Tentu saja, menikmati nasi yang harum dan pulen dapat meningkatkan selera makan.

Bahan Dapur Apa yang Digunakan?

Berdasarkan informasi yang diunggah di TikTok oleh akun @pasarsegar.co.id, bahan dapur yang digunakan adalah jeruk limau. 

Jeruk limau memiliki kandungan citrus yang tinggi yang efektif mencegah pertumbuhan bakteri, yang merupakan penyebab dari nasi yang menjadi basi. Apabila dicampurkan dengan beras dan air, citrus ini akan memberikan hasil nasi yang lebih tahan lama.

Langkah 1

Cara penggunaannya pun sangat simpel. Persiapkan beras yang akan dimasak, kemudian bersihkan dengan cermat. Setelah itu, masukkan beras ke dalam inner pot atau panci rice cooker. Setelah itu, tambahkan air sesuai kebutuhan.

"Kalian cukup menggunakan air sedalam ujung jari (seruas jari telunjuk)," tutur akun TikTok @pasarsegar.co.id.

Langkah 2

Berikutnya, persiapkan satu buah jeruk limau. Belah jeruk limau menjadi dua bagian, kemudian peras potongan jeruk limau tersebut langsung di atas beras. Setelah itu, aduk secara merata. Apabila sudah, letakkan inner pot ke dalam rice cooker dan masak hingga nasi matang.

“Ini adalah salah satu cara yang bisa bikin nasi kalian semakin harum, yaitu dengan menambahkan perasan jeruk limau ataupun jeruk nipis. Setelah diperas jangan lupa untuk diaduk sampai rata,”  ungkap lebih lanjut akun TikTok @pasarsegar.co.id.

Langkah 3

Sesaat setelah nasi matang, segera buka tutup rice cooker. Kemudian, aduk nasi secara merata untuk memastikan uap air di dalamnya segera keluar. Hal ini juga merupakan faktor kunci untuk menjaga agar nasi tetap tahan lama. Pasalnya, umumnya, uap air yang terjebak dapat menyebabkan nasi menjadi cepat basi.

“Jika sudah matang, penting banget untuk kalian segera mengaduk nasinya supaya nasi tidak cepat basi,” tegas akun TikTok @pasarsegar.co.id.

Apa Penyebab Nasi Lembek?

Penggunaan air yang berlebihan saat memasak nasi dapat menyebabkan nasi menjadi lembek. Konsistensi empuk pada nasi umumnya tidak disenangi oleh sebagian orang dan berakhir dengan pemborosan. Selain itu, nasi yang empuk cenderung lebih rentan terhadap kebasian dan aroma yang tidak sedap.

Kenapa Nasi menjadi Keras?

Air yang berlebihan akan membuat nasi lembek dan mudah sekali basi. Sementara penggunaan air yang kurang, dapat membuat nasi menjadi kering dan keras.

Berapa Kali Kita Harus Mencuci Beras?

Beras sebelum dimasak pasti harus dicuci terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Bahkan sebagian para ibu ada yang mencuci beras sebanyak 2-3 kali dengan air mengalir. Ada juga mencuci sampai benar-benar warna air berwarna bening atau jernih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading