Sukses

Food

Tanpa Beras, Alpukat yang Keras Bisa Cepat Matang dengan 1 Alat Sederhana Saja

Fimela.com, Jakarta Alpukat adalah salah satu buah favorit banyak orang untuk dinikmati. Buah ini memiliki rasa yang enak, tekstur yang lembut, dan dapat diolah dengan berbagai cara. Baik dinikmati secara langsung atau dibuat jus. 

Ada kalanya ketika ingin menikmati buah alpukat tetapi buahnya belum matang sempurna.. Bagi pecinta alpukat yang ingin menikmati buah ini dengan cepat, ada satu trik ajaib yang dapat diterapkan tanpa harus direndam di beras. Hanya perlu satu alat sederhana, buah alpukat bisa dimakan tanpa menunggu lama. 

Berikut adalah trik supaya buah alpukat cepat matang tanpa direndam beras, trik ini dibagikan oleh salah satu pengguna Instagram @farhanaaas, dirangkum pada Kamis (14/12/2023). 

Kandungan Buah Alpukat

Buah Alpukat (Persea americana) merupakan buah yang berasal dari kawasan subtropis Amerika. Alpukat dikenal memiliki kandungan pantethin, niacin (vitamin B3), vitamin C, vitamin E, vitamin A, pantogenic acid, Monosaturated Fatty Acid (MUFA), dan selenium. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Manfaat Buah Alpukat

Selain mampu menurunkan kolesterol, buah alpukat memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Alpukat bisa mencegah sembelit karena kaya akan serat. Selain itu, buah ini juga membantu mengendalikan tekanan darah supaya tidak terjadi darah tinggi dengan kandungan kaliumnya. 

Trik Agar Alpukat Cepat Matang

Merendam alpukat di dalam beras memang sudah diketahui bisa membuat alpukat lebih cepat matang. Namun, ada satu trik lain yang lebih praktis dengan satu alat sederhana saja, yaitu menggunakan tusuk gigi. Caranya, hanya perlu menusukkan tusuk gigi di ujung buah alpukat dan biarkan di wadah kering pada suhu ruang. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari hingga buah matang sempurna. 

Fungsi Tusuk Gigi dalam Mematangkan Buah Alpukat

Mengapa tusuk gigi bisa mempercepat buah alpukat menjadi matang? Dilansir dari thespruce.com, tusuk gigi akan membuat gas etilen dalam buah alpukat keluar. Dengan banyaknya gas etilen yang dikeluarkan, buah alpukat akan semakin cepat matang. 

Olahan Buah Alpukat

Setelah mengetahui trik ajaib mematangkan buah alpukat lebih cepat. Kini membuat berbagai olahan buah alpukat tak perlu risau menunggu lama. Berbagai olahan buah alpukat sudah bisa dibuat. Buah ini bisa diolah sebagai jus, smoothie, alpukat kocok, salad, hingga sebagai avocado toast. 

Apa Saja Kandungan dari Buah Alpukat?

Alpukat merupakan buah yang kaya akan serat, nutrisi, mineral, dan vitamin seperti vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.

Kenapa Jus Alpukat Tidak Boleh Dicampur Susu?

Gula atau pun susu kental manis yang ditambahkan ke jus alpukat akan memengaruhi kandungan gizi dari alpukat. Kandungan vitamin dan mineral yang ada malah menjadi rusak. Tidak disarankan untuk mencampur kedua bahan tersebut ke dalam jus alpukat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading