Sukses

Food

Tak Perlu Kapur Sirih, Ini Cara Hilangkan Lendir Ikan Lele dengan 2 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi. Lele memiliki tekstur daging yang lembut dan cita rasa yang khas. Ikan ini sering menjadi pilihan di berbagai masakan, mulai dari olahan goreng, panggang, hingga sup. 

Meskipun rasanya enak, saat akan mengolah ikan lele seringkali kita dihadapkan pada masalah lendir yang melekat pada dagingnya. Lendir tersebut dapat menjadi penghalang untuk mencapai cita rasa yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan cara efektif untuk menghilangkan lendir lele agar hasil masakan menjadi lebih bersih dan lezat.

Tips sederhana dari salah satu pengguna TikTok ini dapat dilakukan untuk menghilangkan lendir ikan lele. Bukan dengan menggunakan kapur sirih seperti cara yang biasanya digunakan, tips ini hanya membutuhkan dua bahan dapur saja. 

Berikut adalah cara menghilangkan lendir ikan lele dengan dua bahan dapur, melansir dari video TikTok yang diunggah oleh @neng_aisy1, dirangkum pada Jumat (15/12/2023)

Langkah Pertama

Pertama-tama, cuci semua ikan lele hingga bersih dan letakkan di dalam baskom atau mangkuk. Setelah dicuci bersih, siapkan garam dan jeruk nipis. Dua bahan dapur ini yang menjadi kunci utama lendir lele akan hilang.

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya, taburkan garam secara merata ke ikan lele. Pastikan semua bagian ikan lele terkena garam. Setelah itu, beri air perasan jeruk nipis secukupnya. Pemilik video yang membagikan tips ini menggunakan satu buah jeruk nipis. 

Langkah Ketiga

Tuangkan air panas hingga memenuhi baskom. Lendir akan terpisah dengan sendirinya dalam sekejap. Untuk memastikan lendir telah bersih dari ikan lele, bilas dengan air mengalir. Dengan cara ini, bau lumpur dan amis akan ikut hilang. 

Ampuh Hilangkan Lendir

Pemilik akun TikTok @neng_aisy1 mengatakan ketika ia mempraktikkan cara ini, lendir pada ikan lele larut seketika bersama dengan air dengan sendirinya tanpa menggosok atau menyikat lele.

Apa Manfaat dari Ikan Lele?

Ikan lele sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dan kebaikan yang dimilikinya dapat mengurangi potensi terkena penyakit jantung, mencegah anemia, hingga merawat kesehatan otak.

Apakah Ikan Lele Mengandung Kolesterol Tinggi?

Ikan lele memiliki kadar kolesterol yang minim, namun kandungan asam lemak omega-3 yang melimpah memberikan manfaat positif untuk menjaga kesehatan jantung. 

Apa Fungsi Lendir pada Ikan Lele?

Ketidakberadaan sisik pada tubuhnya membuat ikan lele menghasilkan lendir secara lebih banyak. Hal ini berfungsi sebagai lapisan pelindung yang efektif untuk menjaga diri dari serangan bakteri dan infeksi. Selain itu, lendir juga mendukung pergerakan ikan lele, baik di dalam air maupun di dalam lumpur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading