Sukses

Food

Resep Rebusan Daun untuk Meringankan Darah Rendah secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sejumlah air rebusan daun dapat menjadi opsi pengobatan alami untuk menangani masalah darah rendah. Selain harganya yang terjangkau, daun yang digunakan sebagai obat umumnya juga mudah ditemukan.

Darah rendah terjadi ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah tidak mencukupi. Penurunan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi kondisi darah rendah, dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun.

Penggunaan air rebusan daun sebagai cara mengatasi masalah darah rendah sangatlah sederhana. Berikut beberapa jenis air rebusan daun yang dapat membantu menangani kondisi darah rendah.

Simak informasi selengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin (18/12/2023).

1. Daun Pepaya Muda

Melansir dari Health Benefit Times, daun pepaya mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Beberapa kandungan dalam pepaya ini dianggap bermanfaat untuk untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Resep penggunaan daun pepaya:

Hanya dengan melakukan perebusan pada daun pepaya dan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi daun pepaya muda yang dapat diolah sesuai selera Anda, perkembangan sel darah merah dalam tubuh akan meningkat secara alami. 

Meskipun daun pepaya memiliki rasa pahit, namun manfaat alaminya dapat dinikmati tanpa efek samping yang merugikan kesehatan Anda.

2. Daun Bayam

Dikutip dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, menjelaskan bahwa sayuran hijau ini kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Dalam setiap 100 gram daun bayam, terdapat kandungan nutrisi seperti kalori sebanyak 23 kkal, karbohidrat 3,6 gram, protein 2,9 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 99 miligram, fosfor 49 miligram, besi 2,7 miligram, dan vitamin C hingga 30 miligram.

Resep penggunaan daun bayam:

Cara untuk mengatasi anemia dengan menggunakan daun bayam adalah dengan merebusnya hingga matang, kemudian di-blender bersama dengan air rebusannya. 

Selanjutnya, tambahkan 1 sendok makan madu atau perasan jeruk nipis. Selain itu, daun bayam juga bisa diolah sebagai sayuran atau dihidangkan sebagai lalapan.

3. Daun Singkong

Daun singkong memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk serat, protein, lemak, karbohidrat, kalori, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan beberapa jenis mineral seperti fosfor, kalsium, serta zat besi.

Resep penggunaan daun singkong:

Cara mengonsumsi daun singkong sebagai pengobatan adalah dengan merebusnya hingga matang. Kemudian, blender daun singkong bersama dengan air rebusan dan tambahkan 1 sendok makan madu atau perasan jeruk nipis. 

Minumlah jus daun singkong tersebut sebanyak 1 gelas, 2 kali sehari sebelum makan. Dengan cara ini, tekanan darah rendah dalam tubuh dapat kembali ke tingkat normal seperti biasanya.

4. Daun Kacang Panjang

Dikutip dari Health Benefit Times, daun kacang panjang mengandung vitamin dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit. Dalam 100 gram daun kacang panjang, terdapat kalori 43 kkal, karbohidrat 5,8 gram, protein 4,1 gram, lemak 0,4 gram, fosfor 145 miligram, besi 6 milligram.

Resep penggunaan daun kacang panjang:

Mengonsumsi secara teratur air rebusan daun kacang panjang dapat membantu menangani tekanan darah rendah. 

Tetapi, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena penggunaan daun kacang panjang yang tidak teratur dapat memiliki dampak negatif pada tubuh. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Apa Solusi untuk Darah Rendah?

Dikutip dari Mayo Clinic, ada beberapa upaya lain dapat dilakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah, antara lain: meningkatkan konsumsi air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi, tidur dengan menumpuk 2–3 bantal untuk menghindari penurunan tekanan darah yang drastis saat bangun dan berdiri, serta mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain itu, meminum secangkir kopi di pagi hari juga dapat memberikan bantuan.

Apa yang Menyebabkan Darah Rendah Kambuh?

Risiko tekanan darah rendah cenderung meningkat seiring dengan penuaan. Hal ini bisa disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otot jantung dan otak seiring bertambahnya usia. Selain itu, tekanan darah rendah juga dapat dipicu oleh penumpukan plak di dalam pembuluh darah.

Apakah Air Hangat Baik untuk Darah Rendah?

Mengonsumsi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kondisi ini disebabkan oleh fakta bahwa dehidrasi merupakan salah satu pemicu rendahnya volume darah dan tekanan darah rendah, dan minum air hangat dapat membantu memperbaiki hal ini.

Apa Dampak Negatif dari Darah Rendah?

Tekanan darah yang rendah dapat mengurangi kemampuan jantung dalam memompa darah. Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan fungsi organ jantung dan berkembang menjadi penyakit jantung. Selain berpotensi memicu penyakit jantung, tekanan darah rendah juga meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Makanan Apa yang Bisa Menaikkan Darah Rendah?

Kacang-kacangan dan berbagai jenis sayuran diyakini dapat meningkatkan tekanan darah karena mengandung asam folat. Jenis makanan yang mengandung asam folat meliputi sayuran hijau, brokoli, kacang polong, telur, bit, buah jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading