Sukses

Food

Tanpa Direbus, Ini Cara Ungkep Ayam Sampai Bumbu Meresap dan Empuk dengan Waktu Cuma 15 Menit

Fimela.com, Jakarta Ayam sering menjadi bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Salah satu contohnya adalah ayam goreng ungkep, yang sering dijadikan lauk favorit karena selain lezat, juga mudah disiapkan. 

Proses pengungkepan ayam bertujuan membuat tekstur daging lebih lembut, sehingga saat digoreng, ayam tidak melepaskan darah dan dapat matang dengan sempurna. Pengungkepan ayam juga berperan meningkatkan cita rasa dengan menggunakan bumbu rempah khas Nusantara. Saat diungkep, bumbu tersebut meresap ke dalam daging ayam, memberikan cita rasa yang semakin gurih.

Umumnya, pengungkepan ayam dilakukan dengan cara merebus untuk memudahkan bumbu meresap ke dalam daging. Meskipun terdengar sederhana, proses ini sebenarnya memakan waktu lama, minimal 30-40 menit, yang bisa membuatnya tidak efisien dalam hal pemakaian gas dan waktu memasak. 

Untuk mengatasi hal ini, banyak orang mencari cara alternatif, seperti yang ditemukan oleh pengguna TikTok @misjasjisjus, yang membagikan cara pengungkepan ayam yang memastikan matang dalam waktu singkat.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @misjasjisjus, pada Kamis (21/12/2023).

Informasi dari Salah Satu Pengguna TikTok

Dikutip dari informasi pengguna TikTok @misjasjisjus, ia memilih untuk tidak merebus daging ayam, melainkan menggunakan cara pengukusan. Mengukus saat mengungkep ayam dianggap lebih sederhana dan efisien dalam penggunaan gas. 

Selain itu, proses memasak menjadi lebih cepat karena hanya memerlukan waktu 15 menit untuk membuat daging ayam matang dengan bumbu meresap secara sempurna.

Langkah Pertama

Persiapkan terlebih dahulu ½ kg daging ayam. Kemudian, bersihkan dengan mencucinya dan lakukan sayatan pada beberapa bagian. Langkah ini bertujuan agar bumbu dapat lebih meresap ke bagian dalam daging ketika proses pengungkepan dilakukan nanti.

Langkah Kedua

Selanjutnya, siapkan bumbu pengungkepan. Dalam video tersebut, ia menggunakan bumbu racikan sendiri dari 1,5 jempol lengkuas, 0,5 jempol jahe, 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 2 kemiri, 0,5 sendok teh kunyit bubuk, dan 1 sendok teh ketumbar bubuk. Semua bahan ini dapat dihaluskan dengan menggunakan blender atau dicincang dengan menambahkan sedikit air.

Langkah Ketiga

Setelah bumbu halus, campurkan dengan daging ayam yang telah disiapkan. Tambahkan air secukupnya dan aduk hingga merata. Setelah itu, sisihkan untuk menyiapkan panci kukus.

Langkah Keempat

Ketika menyiapkan kukusan, taruh beberapa lembar daun salam dan daun jeruk di atas saringan kukusan. Penggunaan kedua bahan ini bertujuan agar daging ayam tidak melekat pada saringan, sehingga bentuknya akan tetap terjaga saat proses pengungkepan. Setelah itu, panaskan air dalam kukusan hingga mendidih.

Langkah Kelima

Selanjutnya, susunlah daging ayam yang sudah dimarinasi di atas saringan yang telah dilapisi daun salam dan daun jeruk. Setelah ayam ditempatkan, tuangkan sisa bumbu ke bagian atas dagingnya. 

Apabila sudah, tumpuk lagi dengan daun salam dan serai. Penambahan rempah-rempah ini akan memberikan aroma dan cita rasa yang semakin harum pada daging ayam.

Langkah Keenam

Terakhir, tutup rapat panci kukusan. Kemudian, kukus selama 15 menit saja. Setelah proses pengukusan, daging ayam menjadi lebih matang dan lembut. Pada tahap berikutnya, Anda dapat menggoreng atau memanggang daging ayam ini. 

Pastikan hasilnya akan lebih lezat dan nikmat karena bumbunya meresap dengan sempurna. Sangat cocok disajikan sebagai lauk utama bersama nasi hangat dan berbagai hidangan sayuran.

Berapa Lama Ketahanan Ayam Ungkep?

Daging ayam yang telah diungkep dapat disimpan dalam lemari pendingin selama tiga hingga empat hari sebelum dimasak kembali.

Apakah Ayam yang Sudah Direbus Bisa Disimpan Di Kulkas?

Mengutip dari Healthline dan Food Network, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa daging ayam yang sudah dimasak dapat disimpan dalam kulkas selama tiga hingga empat hari. Penyimpanan ayam dalam kulkas membantu melambatkan pertumbuhan bakteri, karena bakteri cenderung tumbuh lebih lambat pada suhu di bawah empat derajat Celsius.

Apakah Ayam Ungkep Boleh Disimpan di Kulkas?

Daging ayam yang sudah diolah dapat dipertahankan kesegarannya dengan disimpan dalam kulkas. Umumnya, hidangan seperti ayam bakar, ayam ungkep, dan variasi masakan dari daging ayam sering dijaga keawetannya dengan cara ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading