Sukses

Food

Enggak Cukup dengan Margarin, Ini Cara Bikin Pisang Goreng Krispi-Keriting dengan Tambah 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali opsi cemilan yang menggugah selera, tetapi pisang goreng krispi tetap menjadi pilihan favorit sepanjang masa. Kudapan ini sangat nikmat disantap dengan tekstur kulitnya yang krispi dan pisang yang manis lembut di dalamnya. 

Cara pembuatan pisang goreng krispi keriting ini juga mudah. Namun, untuk mencapai hasil yang krispi dan keriting memang membutuhkan sedikit keterampilan dan perhatian ekstra. Seorang pengguna YouTube dengan akun iK_Ben_Krisna, membagikan cara membuat pisang goreng krispi keriting dengan menggunakan satu bahan dapur.

Kebanyakan orang menambahkan margarin dalam adonan tepung pisang goreng supaya hasilnya lebih renyah, tetapi apa yang dibagikan oleh iK_Ben_Krisna, akan membuat hasilnya jauh lebih krispi dengan tambahan satu bahan dapur. 

Berikut adalah langkah-langkah membuat pisang goreng krispi renyah, dirangkum pada Jumat (22/12/2023).

Langkah Pertama

Langkah pertama adalah membuat adonan basah yang terdiri dari 4 sdm tepung terigu, 250 ml air, dan 1 sdm margarin. Aduk-aduk semua bahan di dalam wadah hingga tercampur sempurna. 

Langkah Kedua

Kupas dan potong pisang menjadi empat bagian sama besar. Setelah dipotong, masukkan setiap potongan ke dalam adonan basah. 

Langkah Ketiga

Tak hanya adonan basah, siapkan juga adonan kering. Bahan-bahannya terdiri atas 15 sdm tepung terigu dan ½ sdt garam. Tambahkan juga satu bahan dapur lain yaitu 2 sdm tepung maizena supaya pisang goreng krispi tahan lama. Aduk semua bahan hingga tercampur seluruhnya. 

Langkah Keempat

Pindahkan pisang ke adonan kering. Setelah seluruh permukaan pisang telah berlumur adonan kering, pindahkan ke air putih biasa. Jika sudah basah, pindahkan lagi ke adonan kering hingga terlumuri semuanya. Proses ini bisa dilakukan hingga dua sampai tiga kali jika ingin hasilnya lebih tebal.

Langkah Kelima

Goreng pisang di minyak panas. Bolak-balik pisang goreng supaya matangnya merata. Jika sudah berwarna kuning keemasan pisang bisa diangkat dan ditiriskan. Pisang goreng krispi pun sudah siap disajikan. 

Pisang Apa yang Enak Buat Digoreng?

Pisang goreng memang banyak disukai orang. Jenis pisang yang paling cocok untuk dijadikan pisang goreng antara lain adalah pisang raja uli, pisang kepok, pisang nangka, pisang tanduk, dan pisang raja bulu.

Apakah Pisang Kepok Bisa Dijadikan Pisang Goreng?

Dibanding dengan jenis pisang lainnya, saat digoreng pisang kepok lebih kesat dan tak terlalu menyerap minyak. Ini juga memiliki tekstur empuk dan rasa manis yang khas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading