Sukses

Food

Cara Membuat Apem Selong Menul, Dijamin Berserat!

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela yang telah lama menetap di Indonesia mungkin tak asing lagi dengan kue apem, apalagi jika menetap di Jawa. Kue apem sendiri adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras, kelapa, dan santan. Saat dimakan, kue apem punya sensasi manis dan bertekstur lembut.

Namun, tahukah kamu bahwa jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Mekah? Ya, apem disinyalir pertama kali dibawa oleh Ki Ageng Gribig, seorang pendakwah dari Mekah. Penasaran dengan cerita lengkapnya?

Berikut, Fimela akan membahas tentang asal-usul kue apem, lengkap dengan cara membuat apem selong menul yang pastinya lezat dan berserat!

Asal-Usul Kue Apem

Ada cerita bahwa kue apem berasal berasal dari India dan dikenal dengan nama appam. Kisah lainnya menceritakan bahwa Ki Ageng Gribig lah yang membawa kue apem ke Nusantara. Beliau merupakan keturunan Prabu Brawijaya dan pendakwah aktif menyebarkan agama Islam di daerah Jawa.

Daerah yang pernah menjadi tempat singgah Ki Ageng Gribig salah satunya adalah Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Masyarakat Jatinom meyakini bahwa kue apem adalah makanan yang dibawa Ki Ageng Gribig dari Mekah.

Konon, Ki Ageng Gribig membawa kue apem dari Mekah saat ia pulang haji. Kue apem itu dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang di Jatinom. Saat itu, banyak orang berkumpul di rumah Ki Ageng Gribig. Namun, saat beliau hendak berbagi kue apem, ternyata oleh-oleh yang dibawa itu terlalu sedikit.

Karena tidak cukup untuk berbagi kepada semua tamu, Ki Ageng Gribig kemudian meminta istrinya untuk memasak kue apem agar semua orang kebagian. Dari sinilah, orang-orang Jatinom pertama kali berkenalan dengan kue apem.

Bahan-bahan Apem Selong Menul

Kue apem khas dengan teksturnya yang berserat, kenyal, dan juga lembut. Pokoknya, cita rasa apem bakal membuat Sahabat Fimela ketagihan. Kalau sudah begini, lebih baik bikin kue apem sendiri, bukan? Berikut adalah takaran bahan-bahan apem selong menul. Resep ini akan menghasilkan 20–21 buah kue apem!

  • 500 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • 400 gr gula pasir
  • 1 sdm ragi instan (½ bungkus fermipan)
  • Garam secukupnya
  • 1000 ml santan
  • 200 ml air kelapa

Langkah-Langkah Pembuatan Kue Apem Selong

  1. Rebus santan dan garam sampai mendidih, diamkan beberapa lama hingga suhunya turun menjadi hangat-hangat kuku.
  2. Campur semua bahan kering dan aduk rataTuang santan yang sudah hangat. Perhatikan untuk menuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan jadi licin.
  3. Setelah santan masuk semua, tuang air kelapa, lalu aduk kembali adonan apem sampai tidak ada gerindil. Kalau mau cepat, kamu bisa menyaring adonannya.
  4. Tutup mangkuk adonan dengan kain bersih dan biarkan sampai berbuih.
  5. Setelah adonan berbuih, Sahabat Fimela bisa memanggangnya dengan cetakan berbentuk bulat. Jangan lupa untuk mengaduk adonan terlebih dulu sebelum menuangnya ke panggangan.

Sahabat Fimela, ternyata kue apem memiliki latar belakang sejarah yang unik, ya. Selain itu, di balik rasanya yang nikmat, cara membuat apem ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Tinggal aduk-aduk, masak, lalu jadi. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak rumit dan bisa dicari di toko terdekat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading