Sukses

Food

Tanpa Tepung, Begini Cara Hilangkan Lilin dan Pestisida pada Anggur Cuma Pakai 2 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Sangat disarankan untuk membersihkan atau membuang lilin pada anggur terlebih dahulu karena anggur yang masih mengandung lilin akan terasa sangat tidak sedap, meskipun tidak terlalu berdampak pada kesehatan.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan tepung seperti maizena.

Namun, ada cara yang lebih praktis yang hanya membutuhkan 2 bahan dapur. Cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok @divyadivya3560.

Pada Kamis (11/04/2024), dijelaskan bahan apa saja yang digunakan dan caranya.

Siapkan Anggur yang Ingin Dibersihkan

Untuk memulai, ambil mangkuk besar terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan anggur yang akan dibersihkan ke dalam mangkuk tersebut. Berbagai jenis anggur bisa dipilih, asalkan masih terdapat sisa lilin atau pestisida.

Tambahkan Garam dan Bubuk Kunyit

Air dituang ke dalam mangkuk hingga merendam sepenuhnya anggur. Selanjutnya, campurkan garam dan kunyit ke dalam mangkuk tersebut, kemudian diamkan hingga larut dalam air.

Rendam Selama 30 Menit

Setelah mencampurkan bubuk kunyit dan garam ke dalam air, biarkan anggur merendam dalam larutan tersebut selama sekitar 30 menit.

Anggur Sudah Bersih dari Lilin

Setelah menanti selama setengah jam, anggur dapat disaring serta dibilas menggunakan air mengalir. Akhirnya, anggur tampak lebih bersih dan tentunya sudah bebas dari lilin serta pestisida.

Apa Putih-putih di Anggur?

Warna putih kadang-kadang muncul di permukaan kulit anggur, yang berasal dari lapisan lilin yang dihasilkan oleh tanaman itu sendiri sebagai proteksi, bukan akibat pestisida. Meskipun tidak berbahaya jika dikonsumsi, lilin tersebut dapat meninggalkan rasa pahit di mulut.

Kenapa Anggur Ada Lapisan Lilinnya?

Setelah dibersihkan, kulit buah anggur tetap menjaga kelembapannya, yang dapat mempercepat proses pembusukan. Oleh karena itu, lebih baik tidak membersihkan buah anggur sebelum dikonsumsi agar lapisan lilin yang disebut bloom dapat menjaga kesegarannya.

Apakah Anggur Harus Dicuci Sebelum Dimakan?

Disarankan untuk tidak mencuci buah anggur sebelum dikonsumsi, karena membersihkannya sebaiknya dilakukan saat hendak dinikmati. Hal ini dikarenakan mencuci buah anggur dapat meningkatkan kelembapannya dan berpotensi mempercepat proses kerusakan. Selain itu, umumnya buah anggur dijual dengan lapisan lilin putih untuk menjaga kesegarannya.

Buah Apa Saja yang Dilapisi Lilin?

Berdasarkan informasi dari Center for Food Safety, apel dan anggur sering kali diberi lapisan zat lilin saat dijual, yang dapat berasal dari bahan sintetis maupun alami.

Buah Anggur Sebaiknya Disimpan di Mana?

Menggunakan kantong plastik atau wadah kedap udara tanpa ventilasi tidak disarankan. Untuk menjaga kesegaran buah anggur, buah tersebut perlu terpapar udara dingin di dalam kulkas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading