Sukses

Food

Hanya dengan 1 Bahan Dapur, Begini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Anggur

Fimela.com, Jakarta Anggur, yang terkenal sebagai buah penyegar yang kaya nutrisi, memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah diulas oleh Healthline. Manfaat-manfaat tersebut termasuk mendukung kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan mata, mencegah diabetes, dan menjaga kesehatan tulang.

Meskipun demikian, sayangnya, sebagian anggur yang tersedia di pasaran masih terkontaminasi dengan lilin atau pestisida sehingga memerlukan pembersihan sebelum dikonsumsi.

Beberapa orang cenderung menggunakan tepung untuk membersihkan lilin yang menempel pada anggur. Namun, terdapat pilihan alternatif lain yang bisa dipertimbangkan, seperti yang dijelaskan oleh akun Instagram @nindidewi.

Maka, apa saja bahan yang digunakan? Berdasarkan informasi yang dibagikan pada Sabtu (13/04/2024), berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan lilin yang menempel pada anggur.

Gunakan Baking Soda

Siapkan terlebih dahulu anggur yang hendak dibersihkan di dalam wadah kecil. Kemudian, tambahkan 2 sendok teh baking soda ke dalamnya.

Rendam Selama 15 Menit

Tuangkan sekitar satu liter air ke dalam wadah sehingga semua buah anggur terendam, lalu aduk perlahan agar baking soda tersebar merata. Biarkan anggur terendam dalam larutan tersebut selama lima belas menit.

Tiriskan Anggur

Setelah menunggu selama 15 menit, air rendaman anggur dapat disaring. Terlihat air yang dibuang cukup kotor, menunjukkan bahwa segala kotoran pada anggur juga telah terbuang.

Cuci Sebanyak 2 Kali

Setelah disaring, cuci anggur menggunakan air mengalir yang bersih. Selanjutnya, bilas kembali dengan air minum. Dengan langkah ini, anggur akan bebas dari lapisan lilin dan siap dinikmati tanpa kekhawatiran.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lilin Pada Anggur?

Anda dapat mencampurkan pasta gigi dengan air dalam jumlah yang sesuai, kemudian menggosok anggur menggunakan campuran tersebut sebelum membilasnya dengan air mengalir. Dampaknya adalah, lapisan lilin di seluruh permukaan anggur akan hilang.

Kenapa Anggur Ada Lapisan Lilinnya?

Di permukaan kulit anggur, ada lapisan pelindung berwarna putih yang sebenarnya bukan disebabkan oleh pestisida, tetapi merupakan lapisan alami yang dihasilkan oleh tanaman anggur. Meskipun tidak berbahaya jika tertelan, lapisan lilin ini bisa meninggalkan rasa pahit di mulut.

Apakah Anggur Harus Kena Matahari?

Upayakan agar tanaman menerima paparan sinar matahari secara optimal. Pastikan tidak ada penghalang dari pepohonan lain yang dapat mengurangi intensitas cahaya matahari yang diterima oleh tanaman anggur. Minimal, tanaman tersebut membutuhkan paparan sinar matahari selama 7-8 jam tiap hari.

Kenapa Buah Anggur Masam?

Karakteristik asam anggur didominasi oleh sifat asamnya, dan buah anggur adalah bahan dasar pembuatannya. Tingkat keasaman anggur bervariasi tergantung pada beberapa faktor: kondisi iklim lokasi penanaman buah anggurnya. Buah anggur yang ditanam di daerah beriklim hangat memiliki kadar asam yang lebih rendah daripada yang ditanam di daerah beriklim dingin.

Kulit Anggur Mengandung Apa?

Menurut penelitian, buah anggur, termasuk dengan kulitnya, mengandung resveratrol, suatu jenis polifenol. Manfaat yang teridentifikasi dari resveratrol meliputi perlindungan terhadap penyakit jantung, penurunan kadar gula darah, dan perlawanan terhadap pertumbuhan kanker.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading