Sukses

Health

9 Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Darah dan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Diabetes adalah penyakit berbahaya yang disebabkan karena tingginya kadar gula di dalam tubuh. Penyakit diabetes terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 ini bisa menyerang anak-anak maupun remaja, sedangkan diabetes tipe 2 bisa dialami seseorang yang berusia 45tahun keatas.

Kadar gula darah tinggi di dalam tubuh ini bisa disebabkan karena faktor keturunan, faktor usia, obesitas dan beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari. Orang yang terkena diabetes, biasanya mengalami gejala sering mengantuk, tubuh terasa lelah, pandangan kabur, luka susah sembuh, merasa kesemutan di kaki, dan sering merasa lapar. Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi, cenderung akan mengalami peningkatan kolesterol jahat, yang berakibat penyakit jantung.

Agar terhindar dari penyakit diabetes dan jantung, Sahabat Fimela dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik yang mendukung kesehatan. Hindari penyebab kadar gula darah dan kolesterol tinggi Berikut beberapa kebiasaan buruk penyebab kadar gula tinggi yang harus dihindari:

Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang. Saat mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, dan kurang asupan gizi lainnya, maka perut akan terasa kenyang sementara. Untuk itu, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang.

2. Sering Mengonsumsi Daging Merah

Daging merah adalah makanan yang mengandung protein tinggi dan berlemak. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi daging merah, maka kadar gula darah dan kolesterol akan tinggi dan rentan terkena diabetes. Sebaiknya, ganti protein hewani dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, dan lain sebagainya.

3. Makan Larut Malam

Hindari makan terlalu larut malam, karena makan larut malam bisa meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Apalagi jika makan larut malam dengan porsi yang besar dan langsung tidur setelah makan. Kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan obesitas dan memicu diabetes.

Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

4. Jarang Mengonsumsi Serat

Serat adalah kandungan di dalam makanan yang penting untuk dikonsumsi. Serat memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah obesitas. Kalau kamu jarang mengonsumsi serat, maka akan rentan terkena diabetes dan obesitas. Sebaiknya perbanyak konsumsi serat seperti bayam, brokoli, wortel, dan sawi.

5. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Sering mengonsumsi makanan berlemak, bisa meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Lemak jenuh ini sering terdapat pada gorengan, makanan cepat saji, junk food dan produk olahan susu. Lebih baik kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, agar kadar gula darah di dalam tubuh normal dan mengontrol kolesterol di dalam tubuh.

6. Jarang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga bisa memicu kadar gula darah dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Untuk itu, rajinlah melakukan olahraga secara rutin, agar kadar gula darah terkontrol, sistem imunitas tubuh meningkat, dan terhindar dari obesitas akibat timbunan lemak di dalam tubuh.

Kebiasaan Buruk Penyebab Kadar Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

7. Sering Mengonsumsi Makanan Bertepung

Makanan yang diolah dengan tepung, seperti roti putih tawar, pasta, nugget atau biskuit, bisa meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Makanan yang terbuat dari tepung ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang bertepung, agar terhindar dari penyakit diabetes.

8. Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang terlalu manis memiliki kandungan gula tambahan, yang bisa menyebabkan penyebabkan kadar gula darah tinggi dan berisiko terkena kolesterol. Makanan dan minuman manis memang bisa meningkatkan suasana hati, tetapi kalau kamu memiliki riwayat diabetes, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

9. Jarang Minum Air Putih

Kebiasaan buruk yang terakhir adalah jarang minum air putih. Kalau kamu jarang mengonsumsi air putih, tubuh akan sangat dehidrasi dan meningkatkan kadar gula darah maupun kolesterol di dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 10 gelas sehari atau setara dengan 2 liter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading