Sukses

Health

5 Makanan Sehat dan Terbaik Buat Ibu Hamil Selama Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Puasa menjadi aktivitas yang cukup menguras tenaga. Apalagi saat puasa kita hanya boleh makan saat sahur dan buka. Saat berpuasa kita disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Apalagi saat kita sedang hamil. Nutrisi dan gizi selama berpuasa harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. 

Melansir dari laman healthline.com, selama berpuasa khususnya puasa Ramadan, ibu hamil yang juga berpuasa harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh dengan sebaik mungkin. Nutrisi dan gizi baik tidak hanya untuk tubuh ibu tetapi juga untuk menjamin tumbuh kembang janin di kandungan agar tidak ada kendala apapun. 

Berikut beberapa makanan sehat dan terbaik untuk ibu hamil selama berpuasa. 

Protein Tanpa Lemak

Makanan pertama adalah segala makanan yang mengandung protein dalam lemak di dalamnya. Beberapa makanan dengan protein tanpa lemak antara lain adalah dada ayam, ikan, telur, daging merah, kacang-kacangan, tahu dan tempe. 

Sayuran Hijau

Makanan sehat dan terbaik selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran sangat penting untuk memberikan nutrisi terbaik dalam tubuh ibu maupun janin. Sayuran hijau sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang sebelum disantap saat berbuka maupun sahur. Pastikan untuk makan dengan porsi lebih banyak saat sahur agar mencukupi nutrisi tubuh dengan baik pula. 

Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh selama hamil juga berpuasa. Pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan dengan porsi cukup saat hamil sekaligus berpuasa. Buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil antara lain alpukat, apel, jeruk, pepaya, mangga, semangka dan melon. Beberapa buah lain seperti nanas, nangka dan durian boleh dikonsumsi selama hamil tapi jangan sampai berlebihan.

Biji-bijian

Bij-bijian juga menjadi makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan sekaligus berpuasa. Biji-bijian utuh mengandung serat, zat besi dna vitamin B yang sangat baik untuk tubuh serta tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Susu

Susu juga menjadi asupan nutrisi terbaik selama kehamilan. Susu kaya akan kalsium yang baik untuk tulang dan gigi Mom serta pertumbuhan tulang janin di kandungan. Susu juga mengandung protein dan vitamin D yang baik untuk kehamilan. Para ahli menyarankan agar Mom yang sedang hamil dan berpuasa untuk minum susu saat berbuka puasa, sahur juga sebelum tidur. Jika tidak suka susu, Mom bisa mengonsumsi olahan susu yakni keju atau yougurt. 

Itulah beberapa makanan sehat dan terbaik yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan dan berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyambut kedatangan bulan Ramadan bagi yang beragama Islam.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading