Sukses

Parenting

5 Jenis Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Pada Masa Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi ibu hamil, maka dari itu, selama menunggu kelahiran, ibu hamil memerlukan sejumlah asupan nutrisi yang penting untuk mendukung kondisi kehamilan agar tetap stabil dan baik. Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarang karena akan berpengaruh terhadap kehamilannya.

Apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus bergizi dan higienis agar kondisi kandungannya terjaga. Selain memilih asupan yang bergizi, penting juga bagi ibu hamil untuk tahu jenis asupan apa saja yang perlu dipenuhi selama masa kehamilan karena ada beberapa jenis asupan secara spesifik yang amat dibutuhkan dalam masa kehamilan.

Tentu saja kebutuhan beberapa jenis asupan tertentu pada masa kehamilan bertujuan agar perkembangan janin dalam kandungan selalu sehat dan mengalami pertumbuhan yang baik. Apabila asupan ini tidak terpenuhi, dikhawatirkan tumbuh kembang janin dalam kandungan bisa menjadi bermasalah.

Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis asupan nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan. Informasi ini akan sangat berguna bagi ibu hamil agar lebih memerhatikan dan menjaga kandungannya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kalsium

Pertama, jenis asupan nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan ialah kalsium. Kalsium merupakan zat yang penting bagi tubuh untuk mendapatkan tulang yang kuat. Kalsium juga berperan untuk pembentukan sel-sel organ tubuh pada janin dan ibu.

Dengan mengonsumsi tiga gelas susu atau susu kedelai setiap harinya, dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil. Yoghurt rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang baik, sebab dalam satu cangkir yoghurt memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak daripada segelas susu.

Karbohidrat

Kedua, jenis asupan nutrisi yang tidak kalah penting bagi ibu hamil ialah karbohidrat. Sudah menjadi informasi umum bahwa karbohidrat dibutuhkan untuk memberikan energi bagi seseorang. Begitu pun dengan ibu hamil. Nutrisi ini juga akan mendukung perkembangan janin.

Perlu diketahui, karbohidrat adalah jenis nutrisi yang mengandung zat tepung dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk ibu hamil. Karbohidrat ini tersedia dalam bentuk nasi, pasta, dan roti. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti kelengkeng.

Asam Folat

Ketiga, jenis asupan nutrisi lainnya yang dibutuhkan pada masa kehamilan ialah asam folat. Asam folat memiliki peranan penting untuk membentuk struktur saraf yang baik didalam tubuh janin. Jumlah sel darah putih dan merah dari tubuh janin juga bisa diseimbangkan dengan asupan asam folat.

Bagi ibu hamil, perlu mendapatkan asam folat alami yang disebut folat. Sumber folat yang biasa ditemui antara lain adalah sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, alpukat, dan pepaya.

Lemak Sehat

Keempat, jenis asupan nutrisi penting pada masa kehamilan yang perlu terpenuhi ialah lemak sehat.  Lemak sehat bisa diartikan juga sebagai lemak tidak jenuh. Asupan nutrisi lemak sehat amat diperlukan bagi ibu hamil sebagai cadangan energi dalam pertumbuhan janin. Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil satu ini juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin.

Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan ibu yang sedang mengandung. Sumber lemak nabati yang sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpokat bisa menjadi pilihan yang baik bagi ibu hamil.

Vitamin

Kelima, jenis asupan nutrisi yang terakhir dan dibutuhkan pada masa kehamilan ialah vitamin. Vitamin tidak hanya penting bagi tubuh ibu hamil, tetapi juga janin juga membutuhkan vitamin untuk mendukung pertumbuhannya.

Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan sistem imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin dan ibu. Vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan. Beberapa contoh buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil di antaranya adalah buah pir, apel, mangga, melon, dan jeruk.

What's On Fimela
Loading