Sukses

Health

9 Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela mengalami tidur tidak nyenyak pada malam hari? Jika terus menerus dialami, maka bisa berbahaya untuk kesehatan dan menurunkan sistem imunitas tubuh. Penyebab tidak bisa tidur nyenyak ini sering kali tidak kita sadari.

Tidur yang tidak nyenyak ini sering disebut dengan insomnia atau gangguan tidur. Seseorang bisa tidur terlalu larut malam, kemudian terbangun pada tengah malam, atau terbangun pada dini hari dan tidak bisa tidur lagi. Orang yang mengalami hal tersebut, bisa kehilangan fokus saat beraktivitas di pagi hari.

Kondisi ini sebenarnya bisa sembuh dengan melakukan terapi insomnia dengan pendampingan ahli. Bahkan insomnia bisa disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi makanan yang sehat, serta melakukan aktivitas yang positif seperti olahraga dengan rutin. Berikut penyebab tidak bisa tidur nyenyak:

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak

1. Faktor Usia

Penyebab tidak bisa tidur nyenyak yang pertama adalah karena faktor bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, maka ritme sirkadian akan semakin menurun. Ritme sirkadian adalah proses alami atau proses biologis pada manusia, untuk mengatur jam tidur yang tepat. Sehingga jika ritme sirkadian menurun, bisa membuat jam tidur menjadi tidak beraturan dan mengalamu tidur tidak nyenyak.

2. Sering Minum Kopi

Apakah Sahabat Fimela suka minum kopi? Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membantu menambah energi. Tetapi terlalu sering minum kopi bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia atau mengalami gangguan tidur. Apalagi jika minum kopi pada malam hari sebelum tidur.

3. Sering Bermain Gadget

Tak disangka, ternyata sering bermain gadget jadi penyebab tidak bisa tidur nyenyak. Apalagi jika bermain gadget sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena gadget membuat otak menjadi aktif. Bahkan sinar biru yang dipancarkan pada gadget, memberikan pertanda pada otak masih terang. Sehingga orang yang sering bermain gadget akan susah tidur dengan nyenyak.

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak

4. Terlalu Lama Tidur Siang

Ada sebagian orang yang melakukan tidur siang. Sebenarnya tidur siang memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, menyehatkan badan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Tetapi terlalu lama tidur siang bisa membuat seseorang menjadi tidur tidak nyenyak. Sebaiknya tidur siang cukup dilakukan maksimal 1 jam saja.

5. Sering Minum Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol adalah minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi. Minuman ini bisa menyebabkan seseorang tidur tidak nyenyak. Orang yang sering minum alkohol akan lebih sering buang air kecil, sehingga membuatmu terbangun terus menerus pada saat tidur. Alkohol juga menyebabkan pikiran menjadi tidak tenang, dan memperparah gangguan tidur yang sedang dialami.

6. Makan Sebelum Tidur

Biasanya setelah makan dengan kenyang, rasa mengantuk akan muncul dan membuat seseorang tertidur setelah makan. Padahal makan sebelum tidur bisa meningkatkan asam lambung dan membuat perut terasa mual. Kondisi ini bisa menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak, serta meningkatkan risiko obesitas.

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak

7. Terlalu Banyak Pikiran

Jika sedang memiliki banyak pikiran, hal ini akan memperburuk kondisi gangguan tidur. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres dan terlalu banyak pikiran. Saat terlalu banyak pikiran, otak akan kembali aktif dan hal ini yang menyebabkan susah tidur nyenyak.

8. Efek Samping Obat-Obatan

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping tidak bisa tidur nyenyak. Efek samping tersebut terdapat pada obat antidepresan, obat asma, obat hipertensi, obat pereda nyeri, antihistamin, obat flu, dan obat penurunan berat badan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

9. Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Penyebab tidak bisa tidur nyenyak yang terakhir adalah karena memiliki riwayat penyakit tertentu. Penyakit tersebut adalah diabetes, peradangan sendi, peradangan sistem pernapasan, gangguan otak dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini memiliki gejala nyeri yang membuat tidur tidak nyenyak.

What's On Fimela
Loading