Sukses

Health

9 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar yang Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Penyebab menstruasi tidak lancar sering kali bikin perempuan jadi panik. Apalagi jika masih usia remaja dan belum menikah. Karena menstruasi yang tidak lancar sering kali dijadikan sebagai pertanda kehamilan. Padahal kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Siklus menstruasi pada setiap perempuan bisa berubah-ubah. Ada yang mengalami siklus pendek dan panjang, yaitu 21 hingga 35 hari yang dihitung dari hari terakhir sampai hari pertama di bulan yang selanjutnya. Seorang perempuan yang masih remaja akan sangat wajar mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, karena hormon pada remaja belum normal.

Penyebab menstruasi tidak lancar ini dapat diwaspadai. Jika terus menerus mengalami menstruasi yang tidak lancar dan selalu mengalami telat haid, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Berikut penyebab menstruasi tidak lancar yang dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

1. Masa Pubertas

Menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena seorang remaja mengalami masa pubertas. Kondisi ini sangat umum terjadi pada remaja perempuan, sehingga tidak perlu panik dengan kondisi ini. Pada umumnya, remaja akan mengalami keterlambatan menstruasi selama kurang lebih 2 minggu.

2. Masa Kehamilan

Saat memasuki masa kehamilan, kondisi ini dapat menyebabkan seorang perempuan tidak berhenti. Karena rahim telah dibuahi oleh sperma. Namun setelah melahirkan, siklus menstruasi pada perempuan akan kembali normal seperti biasanya. Tetapi lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui pertanda kehamilan.

3. Masa Menopause

Jika remaja perempuan mengalami masa pubertas, maka perempuan berumur 45 tahun keatas dapat mengalami masa menopause. Masa menopause adalah masa ketika menstruasi berhenti secara alami, yang disebabkan karena penurunan hormon pada perempuan. Kondisi ini sangat normal terjadi.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

4. Penggunaan Obat Kontrasepsi

Apakah Sahabat Fimela sedang mengonsumsi obat kontrasepsi? Jika mengonsumsi obat kontrasepsi seperti pil KB, maka akan berpengaruh terhadap menstruasi tidak lancar. Bahkan alat kontrasepsi IUD (spiral) membuat darah menstruasi keluar lebih banyak daripada biasanya. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kontrasepsi.

5. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Karena pada saat mengalami stres, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap perubahan hipotalamus, yang merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi.

6. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS) harus diwaspadai. Karena penyakit ini ditandai dengan menstruasi yang tidak lancar. Penyakit ini disebabkan karena adanya ketidak normalan hormon pada perempuan. Penyakit PCOS juga dianggap sebagai penyebab kemandulan pada perempuan.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

7. Efek Samping Obat-Obatan

Penggunaan obat antidepresan, antipsikotik, obat tiroid, antikonvulsan, dan obat kemoterapi bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar. Karena obat-obatan tersebut akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh perempuan. Sebaiknya konsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

8. Jarang Berolahraga

Kebiasaan jarang berolahraga sangat tidak baik untuk tubuh. Karena olahraga bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, melancarkan perdaran darah, dan melancarkan siklus menstruasi. Sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang untuk mencegah menstruasi tidak lancar.

9. Obesitas

Obesitas menyebabkan produksi hormon di dalam tubuh terganggu. Orang yang obesitas akan sangat berisiko mengalami menstruasi tidak lancar. Obesitas dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat. Untuk itu, jaga pola makan dengan baik dan penuhi nutrisi harianmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading