Sukses

Health

5 Penyebab Ngelindur Saat Tidur Dapat Menjadi Tanda Stress

Fimela.com, Jakarta Mengigau atau ngelindur merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh beberapa orang, hal ini bisa menjadi adanya tanda gangguan yang cukup serius pada kemampuan mental dan mengakibatkan kita kebingunan berfikir atau penurunan kesadaran terhadap lingkungan.

Istilah medis untuk mengigau yaitu somnoloquy merupakan salah satu gejala yang sering terjadi saat kondisi seseorang mengalami setengah sadar. Meskipun tidak termasuk sebagai masalah kesehatan, kondisi ini juga dapat mengganggu seseorang yang mendengarnya.

Pernahkah kamu tidur bersama teman mu? Dan mengetahui bahwa dia tiba tiba berbicara tak sadarkan diri padahal masih tertidur. Hal itu biasanya disebut sebagai mengigau atau nglindur, tetapi hal ini juga dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak anak maupun orang dewasa. Inilah beberapa penyebab mengingau saat tidur yang sering terjadi pada beberapa orang:

1. Gangguan Perilaku (REM)

Saat fase tidur kita akan mengalami REM atau (Rapid Eue Movement Sleep), yaitu di mana kondisi normal dari tidur yang ditandai dengan adanya gerakan cepat dan acak dari mata. Tubuh tetap akan beristirahat pada tahapan diduri satu ini sehingga saat kita bermimpi tidak akan menggerakkan tubuh atau mengeluarkan suara yang berkaitan dengan mimpi. Akan tetapi beberapa orang biasanya mengalami gangguan seperti ini saat tidur dan dapat terjadi.

2. Nocturnal Sleep Related Eating Disorder

Selain itu kemungkinan penyebab lainnya adalah Nocturnal Sleep Related Eating Disorder, kondisi ini biasanya dapat terjadi saat kita mengkonsumsi makanan walau sedang tidur tetapi tak hanya itu terkadang kita juga dapat menyiapkan makanan dalam kondisi tidur, terdengar aneh tetapi beberapa orang yang mengalaminya tentu tidak akan menyadarinya. Hal ini juga dapat membuat seseorang memberikan respon saat diajak berbicara.

3. Stress

Banyak tekanan akan membuat seseorang mengalami stres kondisi satu ini juga dapat membuat seseorang mengalami mengigau atau ngelindur. Apalagi jika stress membuat kita kesulitan untuk menjaga tidur dan mengalami perubahan pola tidur, hal ini juga dapat terjadi karena otak ke sulitan untuk ikut tertidur di malam hari. Pada akhirnya stress dapat mengganggu siklus tidur dan membuat otak seseorang tetap bekerja saat sedang tidur maka akan membuat potensi mengigau semakin lebih besar.

4. Sleep Terror

Sleep terror juga dapat menjadi salah satu kondisi penyebab mengikat seseorang, pada umumnya kondisi ini dapat terjadi pada anak anak dan bukan berarti orang dewasa tak mengalaminya. Saat kita mengalami tereor maka seseorang akan merasakan bahwa dirinya sedang dalam keadaan terbangun, seseorang yang mengalami sleep terror juga bisa berteriak, menendang, atau dapat melakukan sesuatu akibat rasa takut yang dimilikinya.

5. Pengaruh Obat-Obatan

Berbagai jenis obat obatan yang kita konsumsi tentu memiliki efek samping, ternyata ada beberapa jenis penggunaan obat yang memiliki efek samping membuat kita ngelindur atau mengi kau di malam hari. Hal ini tentu menandakan ada baiknya jika kamu sedang masa pengobatan untuk menanyakan ke dokter efek samping dari obat yang akan kamu konsumsi. Mintakah ke dokter untuk menyesuaikan dosis agar mengigau atau ngelindur yang kamu miliki tidak semakin parah.

Ngelindur bukan menjadi salah satu penyebab masalah yang cukup buruk, akan tetapi beberapa diantaranya dapat menandakan bahwa kita sedang mengalami tekanan atau masalah pada waktu tidur. Ketika kamu mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan waktu tidur ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading