Sukses

Health

Bolehkah Minum Air Dingin saat Cuaca Panas? Berikut Jawaban Dokter

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela akhir-akhirnya merasa cuaca begitu panas? Jika ya, BMKG mengatakan jika panas memang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dan akan berlangsung hingga pertengahan Mei.

Saat cuaca terik memang paling nikmat meminum air dingin, namun banyak yang berfikir saat cuaca panas  ketika minum air dingin akan menyebabkan sakit tenggorakan. Apakah hal tersebut benar? 

Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Muzal Kadim mengatakan anggapan tersebut salah besar. 

dr. Mazul mengatakan justru saat cuaca panas dianjurkan untuk minum air suhu normal atau agak dingin tanpa es batu.

Mengapa air dingin? dr. Mazul mengatakan alasan kita minum air untuk menurunkan suhu tuhuh yang sedang panas karena cuaca. Namun dr. Mazul mengatakan air dingin tersebut tidak berlebihan.

“Asal tidak berlebihan air putih dingin justru baik diminum saat cuaca panas. Atlet atau sehabis olahraga mendinginkan tubuh dengan minuman sidikit dingin,” kata dr. Mazul dalam acara IDAI.

Air dingin juga, dr. Mazul mengatakan membuat tubuh lebih nyaman. 

Ketua UKK Infeksi Tropik IDAI - DR. Dr. Anggraini Alam, Sp.A(K) juga mengatakan mendinginkan suhu tubuh dengan air dingin karena cuaca panas belum ada ilmiahnya akan menyebabkan ISPA.

“Asal tidak berlebihan saja minum air dinginnga,” paparnya.

Hidari air hangat

dr. Mazul juga mengatakan justru baiknya hindari air hangat. Sebab akan membuat tubuh tidak nyaman. 

“Prinsipnya jangan air hangat ya. Minum air biasa atau agak dingin sedikit dianjurkan,” paparnya.

Air hangat juga akan membuat suhu tubuh naik, maka akan membuat tubuh semakin panas. 

“Dianjurkan dinginkan suhu badan dengan air biasa dan air agak dingin sedikit. Jangan minum air hangat nanti tubuhnya enggak nyaman,” tutupnya.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading