Sukses

Health

Relaksasi Aturan Memakai Masker, Berikut 6 Cara Menjaga Kesehatan di Era Baru

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Mei 2022 memberikan pernyataan bahwa masyarakat dapat beraktivitas di ruang terbuka tanpa mengenakan masker kecuali jika sedang sakit. Melihat himbauan tersebut dapat dilihat bahwa era pasca Covid-19 sudah mulai terlihat.

Meskipun demikian, kita juga tetap harus waspada terhadap virus Covid-19 tersebut meskipun sudah lama merebak di berbagai belahan bumi, untuk itu simak beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu sendiri baik dari virus Covid-19 ataupun dari penyakit lainnya.

Tetap memakai masker medis

Untuk berjaga-jaga, kamu dapat tetap mengenakan masker medis terlebih di tempat yang ramai. Karena kita tidak tahu apakah orang-orang yang berada di tempat tersebut sehat dan tidak membawa penyakit menular atau tidak. Untuk itu, ada baiknya tetap menggunakan masker di tempat umum dan ramai pengunjung.

Menjaga kebersihan diri

Saat beraktivitas di luar rumah, terlebih bila berada di tempat umum, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan diri dengan menggunakan hand sanitizer dan mencuci setelah menyentuh hal-hal di fasilitas umum dan sebelum makan. Ketika sampai di rumah, usahakan untuk mengganti pakaian dan membersihkan diri terlebih dahulu sebelum beristirahat. Hal ini akan meminimalisir masuknya virus dan penyakit dalam tubuh.

 

 

Mengatur pola makan

Untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat, usahakan untuk mengatur pola makan sehingga tubuh mendapatkan nutrisi secara teratur dan baik. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar tubuh tidak mudah sakit. Perhatikan juga asupan gizi yang masuk dalam tubuh dan hindari mengkonsumsi junk food.

Perbanyak minum air mineral

Air merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi air yang cukup, kebutuhan badan terhadap air akan terpenuhi. Usahakan untuk meminum minimal satu gelas air mineral setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengalami dehidrasi bila kita tidak meminum air selama 6-8 jam. Perbanyak konsumsi air mineral setidaknya 1 liter per hari dan kurangi konsumsi minuman yang mengandung rasa.

Olahraga teratur

Jika kamu bekerja atau kuliah yang mengharuskan duduk di depan komputer atau laptop selama berjam-jam, jangan lupakan untuk olahraga secara teratur setiap harinya. Olahraga akan membantu merilekskan tubuh dan melancarkan peredaran darah setelah duduk dalam waktu yang lama. Jika kamu tidak memiliki waktu, kamu dapat menyempatkan olahraga dalam ruangan yang mudah dilakukan setidaknya 10 menit dalam sehari.

Jam tidur yang teratur

Untuk membuat tubuh tetap fit dalam beraktivitas sehari-hari, kamu membutuhkan tidur yang cukup dan teratur. Usahakan untuk tidak begadang jika tidak ada sesuatu yang mendesak. Jangan minum kopi diatas jam empat sore supaya kamu tidak kesulitan tidur di malam harinya. Istirahatlah kira-kira sekitar 5-8 jam saat malam hari karena kualitas tidur terbaik adalah di malam hingga pagi hari.

Peralihan dari masa pandemi ke ednemi bukan berarti membuat kita jadi lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan. 

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Loading