Sukses

Health

5 Penyebab Tangan Terasa Panas yang Tak Perlu Kamu Khawatirkan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasakan tangan yang memiliki perubahan suhu? Mungkin saat siang hari kamu akan merasa tangan menjadi panas atau hangan sedangkan di malam hari kamu akan merasakn tangan yang dingin. Beberapa orang yang mengalami hal ini terkadang akan khawatir dan beberapa diantaranya mengartikan bahwa hal tersebut bukanlah suatu masalah.

Ternyata beberapa kondisi medis dapat menyebabkan tangan mengalami perubahan suhu dari panas, hangat, bahkan dingin. Ternyata yangan yang terasa hangat sepanjang waktu dapat meningkatkan aliran darah, infeksi, dan masalah medis lainnya.

Sementara itu tangan yang dingin terkadang dapat menyakitkan dan membuat tidak nyaman, tangan yang hangat atau bahkan panas juga bisa menyebabkan masalah. Berikut beberapa penyebab tangan terasa panas yang mungkin kamu alami:

1. Perubahan Suhu

Saat cuaca panas terkadang akan mempengaruhi bagian tangan, bagi beberapa orang yang mengalami tangan terasa panas yaitu saat mereka berada di luar ruangan atau menggunakan sarung tangan. Aktivitas yang dapat membuat tangan tertutup cuaca cerah ternyata dapat menyebabkan mereka merasakan lebih hangat daripada bagian tubuh lainnya. Cuaca yang dingin juga dapat memiliki efek tersebut, terutama pada beberapa orang yang telah menggunakan sarung tangan pada perubahan suhu.

2. Latihan yang Keras

Olahraga tentu akan meningkatkan aliran darah, sehingga aktivitas apapun yang dapat melibatkan gerakan tangan yang terlalu sering atau intens akan membuat tangan terasa hangat atau panas.

Seseorang yang menghabiskan waktu lama utuk mengetik, menulis, atau bahkan melakukan latihan menggenggam akan menyadari bahwa tangan mereka akan terasa sangat hangat dalam beberapa menit sesudah melakukan hal tersebut.

3. Tekanan Darah Tinggi

Karena peningkatan aliran darah ke area tubuh dapat membuat terasa hanga, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi mungkin akan merasakan tangan atau kaki yang terasa sangat hangat.

4. Selulitis dan Infeksi Lainnya

Suhu yang tinggi juga dapat membantu tubuh melawan infeksi, hal ini yang dapat menyebabkan mengapa ada area yang terinfeksi cenderung terasa hangat. Infeksi dari selulitis seringkali menjadi penyebab utamanya, infeksi satu ini juga terjadi jauh di dalam jaringan kulit yang dapat menyebar dengan cepat.

5. Kondisi Peradangan

Peradangan adalah salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi, beberapa kondisi medis satu ini dapat menyebabkan tubuh meradang secara kronis dan memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke bagian yang terinfeksi. Salah satu kondisi peradangan satu ini yang paling umum adalah rheumatoid arthritis, yang dapat menyebabkan tubuh menyerang ke jaringan sendi dan menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan peradangan.

Ketika penyebab tangan terasa panas atau hangat tidak berbahaya seperti olahraga atau perubahan cuaca, hal ini tak perlu khawatirkan karena akan mereda dengan sendirinya. Tangan yang terasa panas atau hangat mungkin merupakan sebuah gejala pertama dari kondisi medis yang parah, periksa ke dokter jika mengalami perubahan suhu dan mengalami kekhawatiran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading