Sukses

Health

Jangan Lama-Lama Bermain Gadget, Sinar Biru yang Dipancarkan Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Gadget yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti gawai, laptop, tablet, dan lainnya menghasilkan sinar biru atau blue light. Sinar biru ini yang sangat berbahaya jika kita terpapar terlalu lama. Sumber utama dari sinar biru adalah matahari.

Meskipun sumber sinar biru buatan manusia seperti gadget memiliki kadar yang kecil, menatap layar dengan waktu yang lama tetap berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah 3 masalah kesehatan yang umum terjadi akibat terlalu lama terpapar sinar biru dari gadget.

Penglihatan Terganggu, Mulai Mata Kelelahan hingga Katarak

Sinar biru dari layar gadget bisa membuat mata kelelahan. Ciri-cirinya adalah pandangan yang kabur atau buram, mata kering, leher dan kepala sakit, sampai terjadinya iritasi mata. 

Selain itu, sinar biru juga dapat merusak retina. Sebuah penelitian dari Harvard University mengungkapkan bahwa sinar biru adalah sinar yang paling berbahaya bagi retina. Apabila sinar biru menembus bagian retina mata maka bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan.

Pancaran sinar biru dalam jangka waktu lama membuat lensa mata mengalami penurunan transparansi atau perubahan warna yang dapat menyebabkan pembentukan katarak. Semakin sering mendapatkan paparan sinar biru dari gadget semakin tinggi pula resiko terserang katarak. Untuk mengurangi resiko kerusakan mata yang serius ini diimbau untuk selalu memperhatikan jarak antara mata dengan layar dan juga durasi penggunaan gadget.

Mengganggu Pola Tidur

Bermain gadget sebelum tidur dapat merusak kualitas tidur itu sendiri. Sebab sinar biru yang terpancar dari gadget membuat mata tetap terjaga dan begadang. Hal ini terjadi karena kinerja hormon melatonin sebagai pemicu rasa kantuk terganggu dan membuat mata enggan terpejam tidur. Lebih baik hindari gadget dari mata tiga jam sebelum tidur agar pola tidur tidak terganggu dan mendapat kualitas tidur yang baik.

Memicu Permasalahan Kulit

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terkena paparan sinar biru dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan sel-sel pada kulit dan memicu tanda-tanda penuaan. Paparan sinar biru ini bisa mempercepat pemecahan kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk mengencangkan kulit agar terlihat awet muda.

Bahaya tersebut akan mengincar kita jika tetap meneruskan kebiasaan buruk berlama-lama memainkan gadget. Meskipun kegunaan gadget sangat bermanfaat di era ini, Sahabat Fimela harus bijak dengan durasi penggunaannya agar tidak mengganggu kesehatan. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading