Sukses

Health

5 Manfaat Pepaya yang Tidak Bisa Kamu Remehkan

Fimela.com, Jakarta Buah pepaya biasanya kita konsumsi langsung untuk dijadikan campuran dalam rujak buah. Bagaimanapun cara makannya pepaya akan terasa lezat dengan rasa manis dan tekstur manisnya. 

Rupanya buah dengan daging warna oranye ini memiliki segudang manfaat yang tidak bisa kita remehkan, loh. Buah pepaya mengandung banyak antioksidan serta nutrisi lain yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Dilansir dari WebMD, ini dia 5 manfaat dari buah pepaya yang harus kamu tahu.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Pepaya kaya akan antioksidan tingkat seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan sendiri sangat berguna untuk mengontrol kolesterol atau lemak jahat yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu di dalam pepaya juga terdapat asam folat yang berguna untuk mengurangi kadar homosistein dalam tubuh. Homosistein adalah sejenis asam amino yang sering ditemukan di dalam produk daging dan merupakan faktor penyebab penyakit jantung. Jadi dengan mengkonsumsi pepaya kamu dapat mendapatkan antioksidan dan asam folat yang sama-sama membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Warna oranye dalam buah pepaya didapatkan dari likopen. Likopen sendiri adalah pigmen alami yang ditemukan dalam makanan yang berwarna merah atau oranye seperti tomat, pepaya, dan semangka. Beberapa ahli percaya bahwa makan lebih banyak likopen mengurangi risiko kanker prostat.

Baik untuk Pencernaan

Buah pepaya sudah terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan pencernaan salah satunya mengatasi konstipasi atau sembelit. Pepaya mengandung dua enzim yakni papain dan chymopapain. Kedua enzim ini mencerna protein yang berarti bahwa mereka dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Mengatasi Peradangan

Baik papain dan chymopapain dalam pepaya memiliki fungsi lain selain untuk pencernaan, yaitu membantu mengurangi peradangan. Mereka dapat membantu kondisi peradangan kronis seperti radang sendi dan asma.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pepaya juga sumber vitamin C yang baik. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan tinggi vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Hal ini memungkinkan tubuh untuk melawan penyakit bakteri dan virus dengan lebih baik. Pepaya juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yakni vitamin penting lainnya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah yang sangat mudah kita jumpai ini rupanya memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Jadi memotivasi untuk lebih sering mengkonsumsinya.

Penulis: Malichatus Sa’diyah 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading