Sukses

Health

Apa Penyebab Hiperhidrosis yang Bikin Tak Nyaman? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Hiperhidrosis biasanya akan membuat tubuh berkeringat berlebih, terkadang hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan. Berkeringat yang dialami oleh seseorang sendiri terkadang akan membuat merasa tak nyaman dan terkadang membutuhkan perawatan serta penanganan yang tepat.

Hiperhidrosis sendiri dapat terjadi saat kelenjar keringat tubuh bereaksi berlebihan, aktivitas berlebihan atau mengalami kondisi medis maupun emosi seperti kecemasan dapat memicu keringat berlebih. Jika kamu mengalami hiperhidrosis biasanya akan memiliki keringat berlebih yang membasahi pakaian.

Ada banyak penanganan serta perawatan hiperhidrosis yang dapat membantu serta meredakannya. Sebelum itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab hiperhidrosis yang dialami oleh seseorang yang perlu kamu tahu:

Hiperhidrosis Sekunder dan Hiperhidrosis Primer

Berkeringat merypakan salah satu cara untuk mendinginkan tubuh, sistem saraf biasanya akan memicu kelenjar keringat ketika suhu tubuh naik. Berkeringat dapat terjadi pada bagian tubuh, termasuk tangan, dahi, hidung, serta lainnya. Ada dua  penjelasan mengenai hiperhidrosis, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder.

  • Hiperhidrosis Primer : Biasanya dapat disebabkan oleh sinyal saraf yang salah sehingga memicu kelenjar keringat ekrin yang terlalu aktif, biasanya juga akan mempengaruhi bagian tubuh seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak, maupun wajah.
  • Hiperhidrosis Sekunder : Sedangkan hiperhidrosis satu ini biasanya dikarenakan beberapa kondisi medis yang mendasarinya seperti obat-obatan tertentu. Serta hiperhidrosis satu ini akan menyebabkan keringat di seluruh tubuh.

Apa Penyebab Hiperhidrosis?

Tubuh yang berkeringat terlalu banyak dapat menandakan bahwa kamu mengalami hiperhidrosis, berikut beberapa penyebab hiperhidrosis yang perlu kamu tahu:

  1. Stress emosional, karena kecemasan atau gugup.
  2. Suhu ruangan atau cuaca yang sangat panas.
  3. Olahraga berlebih atau yang terlalu berat.
  4. Menopause.
  5. Beberapa penyakit yang mendasarinya, seperti gangguan metabolism.
  6. Obat-obatan yang dikonsumsi.

Komplikasi Hiperhidrosis

Berikut beberapa komplikasi dari hiperhidrosis yang mungkin kamu alami:

  • Infeksi : Seseorang yang berkeringat lebih biasanya akan rentan terhadap infeksi kulit.
  • Efek Emosional : Memiliki telapak tangan yang berkeringat berlebih biasanya dapat disebabkan oleh efek emosional seperti kecemasan.

Berkeringat berlebih atau hiperhidrosis tentu tidak baik untuk tubuh, terutama jika kamu memiliki beberapa penyebab dan gejala dari hiperhirosis. Untuk itu hal ini membutuhkan perawatan serta penanganan yang tepat dari dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading