Sukses

Health

5 Penyebab Bibir Gelap yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Tak hanya kulit tubuh seperti wajah dan tangan yang memerlukan perawatan ekstra. Kulit bibir pun harus dirawat dengan esktra. Perawatan bibir yang asal-asalan, bisa menyebabkan berbagai masalah pada bibir. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah bibir gelap. 

Bibir yang gelap juga rentan mengalami masalah lain seperti kering dan pecah-pecah. Saat warna bibir berwarna lebih gelap, ini akan membuat rasa percaya diri kita berkurang. Ini juga rentan membuat kita kesulitan menemukan warna lipstik yang pas atau cocok. Mengutip dari laman stylecraze.com, ada beberapa penyebab kenapa bibir gelap. Beberapa penyebab tersebut sangat sering terjadi namun jarang untuk disadari. 

Berikut beberapa penyebab bibir gelap yang sering terjadi namun jarang disadari.

Alergi Terhadap Pasta Gigi

Penyebab pertama yakni alergi terhadap pasta gigi yang mengandung menthol atau cengkeh. Jika kamu bukan perokok aktif dan tidak rutin memakai lipstik, bibir gelap yang kamu alami kemungkinan besar erat kaitannya dengan penggunaan pasta gigi. Beberapa pasta gigi terdapat kandungan yang bisa bikin alergi pada bibir. Salah satunya menjadikan bibir berwarna lebih gelap.

Kebiasaan Menjilat Bibir

Untuk membuat bibir lebih basah, secara tidak sadar kita akan menjilat bibir. Penting kita tahu, menjilat bibir akan membuat bibir rentan berwarna gelap. Menjilat bibir juga berisiko membuat bibir makin kering serta pecah-pecah.

Merokok

Perokok aktif akan mengalami perubahan warna bibir. Umumnya, bibir perokok aktif berwarna lebih gelap. Hal ini terjadi karena paparan nikotin yang berpengaruh besar terhadap kesehatan bibir.

Penggunaan Lipstik

Perlu diketahui, penggunaan lip balm dan lip gloss memiliki pengaruh buruk lebih banyak daripada pengaruh baiknya. Kedua jenis lipstik ini bisa membuat warna bibir jadi lebih gelap. Bahan kimia pada lipstik menyebabkan hiperpigmentasi yang membuat bibir berwarna lebih gelap.

Alergi Obat

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa membuat bibir alergi. Alergi ini biasanya ditandai dengan bibir kering, pecah-pecah dan berwarna gelap. Hentikan konsumsi obat ketika mendapati warna bibirmu lebih gelap dan konsultasikan lagi hal ini dengan dokter. 

Itulah beberapa penyebab bibir gelap. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, lebih bijak dalam merawat tubuh termasuk merawat bagian tubuh yang sering dilewatkan seperti halnya bibir dan sejenisnya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading