Sukses

Health

Mengenal Tampon dan Cara Memakainya, Cocok untuk Perempuan Aktif

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada setiap perempuan. Menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari miss v sebagai bentuk siklus bulanan. Dan untuk menyerap darah menstruasi yang ada, umumnya perempuan di Indonesia memanfaatkan pembalut. Namun tahukah kamu, selain pembalut kamu bisa memanfaatkan tampon untuk menyerap darah menstruasi. 

Lantas, apa itu tampon? Seberapa efektif dalam menyerap darah menstruasi?

Mengenal Tampon

Mengutip dari laman liputan6.com dan beberapa sumber lainnya, tampon merupakan pembalut berbentuk silinder. Tampon terbuat dari kapas lembut. Jika pembalut dipasang pada celana dalam, tampon digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang miss v. Sama seperti pembalut, tampon juga bermanfaat menyerap alirah darah menstruasi. 

Menurut beberapa perempuan yang telah terbiasa menggunakan tampon, benda ini bisa dibilang lebih praktis. Tampon dinilai lebih menyenangkan untuk digunakan. Untukmu perempuan yang aktif beraktivitas, tampon dinilai lebih cocok untukmu. Ini tak akan membentuk pembalut ketika kamu menggunakan rok atau pun celana ketat. Para ahli mengklaim bahwa tampon juga lebih aman dan nyaman digunakan untuk berenang.

Bagaimana Cara Memakai Tampon?

Untukmu yang belum terbiasa memakainya mungkin akan sedikit bingung dan merasa tidak nyaman. Namun, jika sudah terbiasa, memakai tampon sangatlah mudah. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memakai tampon. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut: 

  1. Pastikan tangan dalam kondisi bersih. Sebelum menggunakan tampon atau produk kewanitaan lainnya, pastikan untuk cuci tangan terlebih dulu. 
  2. Gunakan tampon baru. Gunakan tampon yang masih dalam kondisi baik dan baru dibuka dari kemasan. 
  3. Perhatikan benang pada tampon. Pastikan jika benang tersebut kuat sehingga saat kamu melepasnya nanti, kamu tidak khawatir benang lepas dan tampon tertinggal di dalam miss v.
  4. Usahakan untuk memakainya dalam posisi senyaman mungkin. Kamu bisa jongkok kemudian pelan-pelan memasukkan tampon ke miss v. Pastikan juga bahwa tampon telah terpasang dengan baik dan nyaman. 
  5. Setelah memakai tampon, pastikan bahwa benang untuk menarik tampon berada di luar. Hindari memasukkan tampon terlalu dalam hingga membuat benang ikut masuk ke dalam. 
  6. Ganti tampon setiap 3 sampai 4 jam sekali. Tampon dan jenis pembalut lain yang sering diganti akan membuat miss v senantiasa bersih, sehat dan terjaga. 

Itulah sekilas mengenai tampon dan cara memakainya. Para ahli menilai produk kewanitaan ini sangat cocok untuk perempuan yang aktif beraktivitas. Ini memberikan kenyamanan dan kesenangan tersendiri buat setiap pemakaianya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading