Sukses

Health

5 Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membangun sel, menghasilkan vitamin dan hormon. Kolesterol adalah zat yang lunak seperti lilin yang terdapat di dalam darah. Ada dua jenis kolesterol. Yakni lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat, dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Kadar koelsterol yang tinggi dalam tubuh tak boleh disepelekan begitu saja. Jika ini dibiarkan dan berlangsung lama, ini bisa meningkatkan beragam masalah kesehatan mematikan. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa komplikasi yang terjadi akibat kolesterol tinggi. Berikut beberapa komplikasi tersebut.

Tekanan Darah Tinggi

Komplikasi pertama adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kolesterol menyebebkan arteri di tubuh tersumbat. Jika ini terjadi dalam waktu lama dan terjadi di seluruh tubuh, ini akan meningkatkan tekanan darah tinggi. Saat kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi terjadi di waktu bersamaan, ini bisa membunuh diam-diam. Keduanya memang tak bergejala, tapi keduanya sangat berbahaya.

Nyeri Dada

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan nyeri dada atau angina. Nyeri dada ini sebagai gejala umum dari berkurangnya alirah darah ke jantung. Biasanya, hal ini terjadi karena tersumbatnya arteri koroner akibat plak lemak dan kolesterol. Jika penyumbatan parah, ini akan menyebabkan penyakit jantung.

Risiko Jantung

Studi menemukan jika risiko jantung erat kaitannya dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Penyumbatan arteri koroner karena plak lemak dan kolesterol yang berlebih, bisa menyebabkan serangan jantung. Aliran darah tidak bisa menuju ke jantung yang akhirnya menyebabkan berbagai risiko jantung termasuk serangan jantung.

Stroke

Ini adalah komplikasi selanjutnya akibat kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol tinggi tak hanya menyumbat aliran darah ke jantung tetapi juga ke otak dan seluruh tubuh. Penyumbatan ini kemudian menyebabkan tekanan darah tinggi hingga stroke. 

Penyakit Ginjal Kronis

Studi juga menemukan jika kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis. Saat ginjal sudah mengalami masalah kronis, ini bisa mengancam nyawa dalam waktu yang sangat singkat sekalipun. 

Itulah beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena kadar kolesterol tinggi. Yuk Sahabat Fimela, miliki pola hidup sehat dan pastikan agar kadar kolesterol dalam tubuh stabil setiap harinya. Pilih aneka makanan rendah kolesterol dan jangan lupa untuk memiliki gerak tubuh cukup, istirahat cukup serta cek kesehatan secara berkala untuk mencegah kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading