Sukses

Health

Benarkah Orang Rentan Terkena Kolesterol hanya Mereka yang di Usia Tua Saja? Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang masih muda mungkin tidak terlalu peduli dengan kesehatan. Masih jajan sembarangan, makan makanan yang tidak bergizi, serta memiliki gaya hidup yang tidak sehat setiap harinya.

Namun, perlu kamu ketahui, bahwa gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab terjadinya kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh usia lanjut saja, tetapi anak muda juga bisa terserang kolesterol tinggi loh.

Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute, kebiasaan hidup tidak sehat menjadi penyebab paling umum terjadinya kolesterol tinggi. Selain dari gaya hidup tidak sehat, kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena adanya gen yang diwarisi dari orangtua, kondisi medis lain, dan obat-obatan yang menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Kolesterol tinggi tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab kolesterol dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Kolesterol tinggi dapat dialami oleh semua umur

Kadar kolesterol yang tidak sehat dapat alami oleh orang-orang dari segala usia, bahkan anak kecil juga bisa terkena kolesterol. Memang, kolesterol tinggi paling sering didiagnosis pada orang berusia antara 40 dan 59 tahun. 

Namun, perlu diketahui juga bahwa kolesterol tinggi di usia tua juga disebabkan oleh kebiasaan buruk di usia muda. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh juga ikut berubah.

Dilansir dari UPMC Health Beat, menurut Centers For Desease Control (CDC) ditemukan lebih dari 102 juta orang dewasa berusia 20 tahun ke atas memiliki kolesterol tinggi. Peningkatan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi di usia muda memang dapat terjadi tanpa gejala apapun, sehingga banyak orang tidak mengetahui angka kolesterolnya. Akibatnya, sering terjadi keterlambatan dalam mencegah tingginya kolesterol.

Risiko terkena kolesterol di usia muda juga dapat terjadi karena adanya faktor genetik atau riwayat keluarga yang terkena kolesterol tinggi. Tak hanya itu, riwayat penyakit turunan lainnya seperti diabetes juga dapat menjadi pemicu kolesterol tinggi.

Muda atau tua, sebaiknya tetap menerapkan pola hidup sehat dari sekarang. Jangan lupa untuk segera periksa kadar kolesterol dari sekarang sehingga tidak terlambat untuk mengontrol kolesterol. Tidak ada salahnya untuk memulail gaya hidup sehat dari sejak muda dengan makan makanan yang bergizi serta melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan peluang terhindar dari kolesterol tinggi.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading