Sukses

Health

4 Dampak Penggunaan Earphone Terlalu Sering

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Salah satu teknologi yang diminati oleh banyak orang yaitu headset atau earphone. Earphone merupakan alat yang langsung dihubungkan pada telinga dan digunakan untuk mendengar suara atau musik agar suara lebih jelas dan jernih.

Saat ini, penggunaan earphone memberikan kemudahan bagi orang yang ingin mendengarkan musik tanpa mengganggu orang lain. Tetapi penggunaan earphone yang terlalu sering dalam waktu yang lama memiliki dampak negatif. Simak informasi berikut ini.

Gangguan Pendengaran

Penggunaan earphone yang secara langsung akan menghubungkan suara dengan telinga bagian dalam secara terus menerus akan berdampak negatif. Telinga merupakan bagian yang sensitif terhadap suara karena di dalamnya banyak terdapat sel-sel halus yang bertugas untuk memancarkan suara dari telinga menuju otak. Jika terlalu sering menggunakan earphone dan menggunakan suara yang keras, maka sel halus akan terganggu yang menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Tuli

Menurut penelitian terbaru memaparkan bahwa penggunaan earphone terlalu sering dengan volume tinggi akan membuat telinga mati rasa atau merasakan tuli untuk sesaat. Tuli sesaat berlangsung hanya sesaat saja, lalu kembali normal. Tetapi, akan berbahaya jika berujung pada tuli permanen.

Rasa Sakit pada Telinga

Penggunaan earphone dalam waktu lama akan membuat telinga terasa sakit. Hal ini dibuktikan dengan survei terhadap beberapa pengguna earphone yang kerap mengeluh merasakan sakit pada telinganya dan terdapat suara dengungan pada telinga.

Infeksi

Saat menggunakan earphone, saluran telinga akan tertutup olehnya. Jika dibiarkan terlalu lama, akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang nantinya akan menyebabkan infeksi telinga. Terlebih jika earphone digunakan secara bergantian bersama orang lain hanya akan memindahkan bakteri ke telinga orang tersebut.

Pemakaian teknologi memang tidak dapat kita hindari, kita hanya dapat membatasi untuk diri kita sendiri agar lebih bijak dalam menggunakannya. Semoga informasi di atas dapat membantu.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading