Sukses

Health

5 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini, cuaca menjadi sangat dingin karena sudah memasuki musim hujan. Saat dinginnya udara, tentu butuh sesuatu untuk menghangatkan tubuh, salah satunya dengan mandi air hangat

Nyatanya, mandi air hangat tidak hanya untuk menghangatkan tubuh. Mandi air memilik dampak baik bagi kesehatan, kecantikan, bahkan mood kita. Masih ada banyak manfaat lainnya, seperti yang dilansir dari alodokter.com. Apa saja sih? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Membantu agar Tidur Nyenyak

Akhir-akhir ini, banyak orang yang terlalu sibuk akan kegiatannya. Alih-alih dapat beristirahat yang nyenyak, mereka malah mengalami insomnia atau sulit tidur. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan mandi air hangat. Hal ini membantu untuk merelaksasikan tubuh

2. Meredakan Nyeri Sendi dan Tulang

Otot sering terasa sakit dan tegang? Mandi air hangat bisa menjadi solusi. Hangatnya air membantu meredakan ketegangan otot serta rasa nyeri pada sendi dan tulang. 

3. Meredakan Gejala Wasir

Wasir merupakan kondisi dimana adanya pembuluh darah yang meradang di sekitar rektum atau luar lubang anus. Hal ini sangat mengganggu karena membuat gatal sampai bisa terjadi pendarahan pada anus. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi air hangat. Dengan mandi air hangat, dapat meredakan rasa gatal.

4. Mengatasi Masalah Sembelit

Saat sulit untuk buang air besar, bisa dapat disimpulkan bahwa itu adalah sembelit. Sembelit terjadi karena tidak teraturnya pergerakan usus. Solusi untuk masalah sembelit adalah dengan berendam dengan campuran air hangat dan garam epsom. Cara ini dipercaya dapat mengurangi rasa sembelit. 

5. Meredakan Iritasi Kulit

Saat kulit terasa gatal, pasti tidak tahan untuk menggaruknya. Saat kamu sering menggaruk kulit, maka beresiko mengalami iritasi.  Cobalah berendam dengan air hangat yang dicampur dengan bubuk oatmeal. Cara ini dapat meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi iritasi kulit. Selain itu, air hangat membantu untuk meredakan radang pada kulit.

Manfaat-manfaat tersebut dapat memperoleh hasil maksimal jika kamu melakukannya dengan benar. Jika ingin berendam, pastikan bathtub yang digunakan bersih. Hindari pula suhu air yang terlalu panas karena akan membuat kulit kering dan beresiko menimbulkan luka bakar. 

So, itu dia manfaat dari mandi air hangat. Selamat mencoba!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading