Sukses

Health

3 Dampak Buruk Terkena Angin Malam bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Orang tua sering memarahi kita untuk tidak keluar rumah saat malam hari karena angin malam dianggap “jahat” untuk kesehatan. Ternyata ungkapan tersebut bukanlah mitos belaka. Faktanya, dinginnya angin malam dapat mengganggu kesehatan tubuh. Angin malam yang langsung menerpa tubuh dalam waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan.

Bagi pekerja yang mengharuskan pulang kerja saat malam hari, disarankan untuk menggunakan pakaian tebal agar tubuh terlindungi dari terpaan angin malam. Terdapat berbagai penyakit dapat disebabkan oleh dinginnya angin malam. Simak penjelasan berikut.

Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru basah dikenal sebagai penyakit menakutkan oleh para pengendara motor di malam hari. Hal ini dikarenakan angin malam yang menembus masuk ke leher dan dada dapat berdampak pada saluran pernapasan.

Penyakit paru-paru basah dapat terjadi karena bakteri dan jamur yang mudah berkembang di dalam paru-paru akibat embun yang terbawa dalam angin malam dan meningkatkan kelembapan pada area paru-paru. Ada beberapa gejala dari para-paru basah, yaitu batuk disertai dahak, sesak nafas, hingga telapak tangan yang berkeringat.

Penyempitan Saluran Pernapasan

Selain diterpa angin malam, menghirup angin malam juga dapat menimbulkan dampak bahaya bagi tubuh. Saat menghirup angin malam, pembuluh darah yang tedapat pada saluran pernapasan akan menyempit. Hal ini akan mengakibatkan sel darah putih tidak dapat mencapai selaput lendir, sehingga tubuh akan sulit untuk melawan infeksi.

Nyeri Sendi

Suhu udara dingin pada malam hari yang menerpa tubuh dapat membuat otot dan sendi berkontraksi. Hal ini yang dapat menyebabkan rematik. Angin malam yang masuk ke dalam pakaian akan menyebabkan kram dan nyeri pada bagian tubuh seperti punggung, pinggul, bahu, dan lutut.

Angin malam memang memiliki dampak buruk pada kesehatan tubuh. Jika sahabat Fimela sedang berada di luar ruangan saat malam hari, jangan lupa untuk menggunakan pakaian tambahan untuk melindungi tubuh dari angin malam. Semoga informasi di atas dapat membantu.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading