Sukses

Health

Ternyata 7 Kebiasaan ini Tanpa Disadari Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan cenderung memiliki risiko untuk berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, hingga kesehatan mental. Satu-satunya cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan menurunkan berat badan. Agar memiliki berat badan ideal, sudah seharusnya kita menjalani gaya hidup yang sehat untuk mengurangi risiko masalah kesehatan terkait dengan kegemukan.

Menurunkan berat badan memang sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Bersusah payah menjaga asupan makanan, memotong porsi makan, berolahraga setiap hari, dan banyak berbagai cara lainnya sudah dilakukan. Namun apakah kamu tahu bahwa kebiasaan-kebiasaan gaya hidup juga sangat memengaruhi kenaikan dan penurunan berat badanmu?

Dengan menerapkan beberapa kebiasaan gaya hidup seperti memerhatikan cara mengunyah, durasi tidur, ataupun air putih yang harus diminum, bisa mendukung proses penurunan berat badan. Sedikit demi sedikit akan terlihat perubahan kecil jika menyesuaikan kebiasaan tersebut. Lebih lengkapnya, simak dibawah ini beberapa kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Biasakan sarapan pagi

Banyak orang yang tidak terbiasa sarapan, padahal ini adalah waktu makan yang paling penting. Kita membutuhkan banyak energi untuk menjalankan metabolisme pada kegiatan sehari-hari, energi ini didapatkan dengan sarapan di pagi hari. Justru dengan memakan sarapan di pagi hari, akan mengurangi rasa lapar berlebihan di siang hari. Hal ini yang mengakibatkan melahap makanan dengan berlebih jika tidak sarapan.

Masukan protein di setiap hidangan

Penting untuk selalu memasukkan semua nutrisi ke dalam piring makanmu. Utamakan untuk selalu memakan makanan yang mengandung protein tinggi tanpa lemak untuk membuat kamu kenyang dalam jangka panjang. Telur, dada ayam, berbagai ikan, dan kacang-kacangan, deretan makanan tersebut berprotein tinggi yang dapat membantu mengurangi keinginan mengidam dan membantu penurunan berat badan.

Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan juga berpengaruh pada tingkat kekenyangan seseorang. Dikutip dari Healthline, terbukti dengan mengunyah makanan pelan-pelan dan memberi jeda pada tiap suapan bisa membantu mengurangi berat badan. Mereka akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan yang makan dengan sangat cepat. Selain itu, makan dengan durasi lama biasanya akan lebih banyak minum air putih, sehingga membuat kamu lebih kenyang.

Selalu menyiapkan bekal sendiri

Jika akan bepergian keluar rumah, lebih baik untuk selalu membawa bekal makanan sehat sendiri untuk makan siang maupun makan malam. Tak hanya akan membantu menghemat uang, tetapi juga memastikan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Pastikan untuk tidak melewatkan makan pagi maupun makan siang karena jika melakukannya maka cenderung akan makan berlebihan di waktu kemudian.

Fokus makan tanpa gangguan

Sulit rasanya untuk makan tanpa menonton TV atau hiburan lainnya, tetapi secara tidak sadar kamu akan mengonsumsi makanan yang berlebih, karena hanya fokus kepada apa yang ada dihadapanmu. Makan dengan tidak fokus hanya akan membuat kamu mengunyah terus-menerus, sehingga tidak sadar bahwa sudah menghabiskan semua makananmu tanpa merasa kenyang.

Minum Banyak Air

Air putih akan menjadi sahabatmu ketika sedang menjalani program penurunan berat badan. Awali bangun pagi dengan satu atau dua gelas air putih. Air putih dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori di tubuh kamu. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi air putih dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan bagi sebagian orang. Normalnya mengonsumsi 2 liter air putih atau 8 gelas per harinya. 

Durasi tidur yang cukup setiap malam

Kurang tidur dapat berkaitan dengan peningkatan nafsu makan. Mendapatkan jam tidur yang cukup adalah komponen penting dari proses penurunan berat badan. Tidur membantu menjaga hormon nafsu makan ghrelin dan leptin, jika jumlahnya sedikit hormon tersebut menjadi tidak seimbang dan dapat memicu nafsu makan meningkat. Disarankan untuk mendapatkan tidur selama 7 hingga 9  jam setiap malamnya.

Mengubah pola pikir

Tubuh dan pikiran melakukan interaksi setiap harinya. Mindfulness adalah pola pikir yang melibatkan fokus penuh membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Banyak dari mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan terlalu berpikir penuh tentang cara makan mereka. Justru ini akan menambah nafsu makan mereka dan alih-alih menurunkan berat badan malah menambah berat badan. Mengubah mindset sangat penting untuk kesehatan mental juga membantu proses penurunan berat badan.

 

*Penulis: Balqis Dhia. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading