Sukses

Health

Ketahui Deretan Makanan yang Baik dan Jahat demi Mencegah Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Jika kamu salah satu penderita asam urat, mungkin akan lebih baik segera mencari pengobatan untuk mengurangi asam urat agar tidak memicu datangnya penyakit lain. Asam urat atau gout adalah sejenis artritis yang terjadi peradangan pada kesendian ketika terlalu banyak kadar asam urat yang menumpuk dan membentuk kristal di persendian. 

Umumnya asam urat menyerang orang dewasa yang memiliki kondisi seperti kegemukan atau beberapa penyakit kolesterol. Para penderitanya biasanya merasakan rasa sakit, bengkak, dan radang sendi yang parah. Kondisi ini yang menjadi gejala awal dari asam urat, karena tubuh mereka tidak bisa membuang kelebihan kadar asam urat secara efisien, sehingga asam urat menumpuk dan mengendap di persendian. 

Serangan asam urat biasanya terjadi di malam hari dan berlangsung selama 3 sampai 10  hari. Dilansir dari Healthline, penyebab utama asam urat adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi, musuhnya para pengidap asam urat, zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Mengonsumsi makanan tinggi purin akan memperparah gejala peradangan sendi.

Salah satu cara untuk membantu mengontrol asam urat adalah dengan melakukan perubahan pola makan sehat, didampingi dengan mengonsumsi obat agar lebih maksimal. Selain itu, penting pula untuk berolahraga ringan untuk membakar lemak-lemak dari makanan yang dikonsumsi guna mengatasi asam urat. Namun, perlu berhati-hati ketika melakukan diet sehat, beberapa makanan yang mengandung purin ini sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat. 

Alkohol

Dikutip dari Everyday Health, ACR menyarankan setiap orang yang menderita asam urat untuk membatasi jumlah konsumsi alkohol. Proses pencernaan segala jenis alkohol bisa meningkatkan kadar asam urat, khususnya alkohol jenis bir, karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Terbukti mereka yang jarang minum alkohol tidak banyak yang memiliki asam urat.

Daging merah 

Jenis protein dari hewani adalah sumber dari kandungan purin yang tinggi. Makanan seperti daging sapi, domba, dan unggas lainnya memiliki kandungan protein yang tinggi. Perlu diperhatikan jumlah dan jenis daging apa yang akan dikonsumsi, memakannya dengan jumlah yang banyak akan membuat asam urat naik.

Makanan laut

Udang, lobster, ikan teri, sarden, dan ikan laut lainnya adalah contoh dari makanan laut yang memiliki purin yang tinggi. Meskipun ikan laut sehat dan memiliki banyak protein, namun nyatanya deretan makanan tersebut mengandung purin yang tinggi. Tidak masalah untuk dikonsumsi, hanya perhatikan saja porsinya agar tidak terlalu berlebihan. 

Jeroan

Sama seperti jenis protein lainnya, berbagai macam jeroan seperti hati, ginjal, dan daging kelenjar atau yang biasa disebut roti manis juga memiliki purin yang tinggi.

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis makanan yang bisa memicu asam urat, meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan asam urat tetapi diet anti purin ini patut dicoba untuk membantu mengurangi asam urat. Rubah pola makan sehat dengan mengonsumsi beberapa makanan dibawah ini. 

Susu 

Minum susu khususnya jenis skim ternyata mampu untuk mengurangi asam urat. Susu mempercepat ekskresi asam urat pada urin dan juga mengurangi respons pada peradangan terhadap penumpukan kristal asam urat di area persendian.

Moderasi protein

Meskipun beberapa protein memiliki purin yang tinggi, protein tetap penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Variasikan asupan protein, seperti daging ayam, atau daging merah dan ikan namun jangan terlalu sering dan berlebihan.

Buah dan sayuran

Pada dasarnya buah dan sayuran adalah makanan yang sehat dan dipenuhi dengan nutrisi. Setinggi apapun purin di dalam buah dan sayuran, belum terbukti bahwa kedua jenis makanan tersebut bisa meningkatkan risiko serangan asam urat. Tidak hanya minim risiko terkena asam urat, juga untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan

Kacang-kacangan dan biji-bijan 

Semua biji-bijian kecuali gandum terbebas dari asam urat. Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi sumber protein yang baik untuk penderita asam urat. Kandungan purinnya yang sedang, bisa menggantikan jenis protein yang menjadi pantangan asam urat. Selain itu, pilihlah produk biji-bijian yang utuh untuk membantu mengontrol gula darah.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading