Sukses

Health

10 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Buah persik adalah salah satu buah yang disukai banyak orang, meskipun buah ini tidak begitu populer di Indonesia karena buah persik bukanlah buah yang berasal dari Indonesia. Salah satu alasannya karena buah ini rasanya manis dan menyegarkan. Selain itu, buah persik juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak.

Buah-buahan umumnya mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga dengan buah persik. Buah ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat buah persik bagi kesehatan tubuh? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung, buah yang satu ini adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi. Hal ini dikarenakan buah persik mampu menjaga kesehatan jantung. Buah persik efektif dalam menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat.

2. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam buah persik yang tinggi membuat buah ini mampu mengatasi sembelit yang kamu alami. Oleh karena itu, buah persik adalah salah satu buah yang wajib ada di rumah untuk menjaga kesehatan saluran cernamu.

3. Melindungi Mata

Sering menatap gadget karena harus bekerja dalam waktu yang lama di depan laptop atau komputer? Lama kelamaan pasti mata jadi lelah. Nah buah persik bisa mengatasi hal tersebut karena buah persik mengandung beta karoten mampu melindungi mata dari bahaya radikal bebas.

4. Mencegah Gigi Berlubang

Buah persik mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, salah satunya adalah zat besi dan fluoride. Dua kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi serta mencegah gigi berlubang.

5. Menurunkan Kolesterol

Kandungan nutrisi dalam buah persik mampu membantu mengikat asam empedu, senyawa yang diproduksi hati dari kolesterol.

Dengan begitu, asam empedu terikat bersama dengan kolesterol yang dikandungnya. Lalu dikeluarkan melalui kotoran, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

6. Mencegah Kanker Kulit

Seperti kebanyakan buah-buahan yang kaya nutrisi, buah persik memiliki kandungan bermanfaat yang dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Secara khusus, kulit dan daging buah persik kaya akan karotenoid dan asam caffeic, dua jenis antioksidan yang ditemukan memiliki sifat antikanker. Senyawa dalam buah persik dapat membatasi pertumbuhan tumor kulit non-kanker dan mencegahnya berubah menjadi kanker.

7. Mengurangi Gejala Alergi

Ketika tubuh terpapar alergen (pemicu alergi), histamin akan dilepaskan, atau bahan kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu menghilangkan alergen tersebut. Histamin adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh dan memicu gejala alergi seperti bersin, gatal, atau batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa buah persik dapat membantu mengurangi gejala alergi dengan mencegah pelepasan histamin dalam darah dan menghindari peradangan.

8. Mendukung Kerja Ginjal

Selain bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan pencernaan, buah persik juga berfungsi dalam menjaga kesehatan sistem ekskresi dengan mengoptimalkan kinerja ginjal.

Dengan dukungan zat yang terkandung dalam buah persik, ginjal pun menjadi lebih sehat dan mencegah penyakit berbahaya yang sering menyerang organ utama dari sistem ekskresi manusia ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading