Sukses

Health

7 Tips Diet Sehat Bebas Lapar & Ampuh Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Diet merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, seringkali orang merasa lapar saat menjalani diet sehingga sulit untuk mempertahankan pola makan yang sehat.

Rasa lapar yang tetap muncul meski sedang diet dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utama adalah kurangnya asupan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari Healthline, ketika tubuh tidak mendapatkan asupan kalori dan nutrisi yang cukup, maka tubuh akan merasa lapar dan meminta asupan makanan yang lebih banyak. Selain itu, faktor psikologis seperti stres dan kecemasan juga dapat memicu rasa lapar yang berlebihan.

Untuk mengatasi rasa lapar yang tetap muncul meski sedang diet, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan. Berikut adalah tips diet sehat bebas lapar yang efektif untuk menurunkan berat badan.

1. Konsumsi makanan yang kaya serat

Selama diet, mengonsumsi makanan sehat sangat penting khususnya mengonsumsi makanan yang kaya akan serta. Dilansir dari Mayo Clinic, makanan yang kaya serat dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan yang kaya serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi protein yang cukup

Tahu kah kamu, protein dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, selama diet jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. 

Memilih makanan yang rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan

Dalam menjalani diet, memakan daging tidak selalu harus dihindari. Namun, jenis daging yang dikonsumsi harus dipilih dengan bijak. Daging merah olahan seperti ham, dendeng, sosis, salami, dan sejenisnya sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang diet karena mengandung kalori yang tinggi, lemak jenuh, dan natrium yang berlebihan.

Sebaliknya, jenis daging yang baik untuk dikonsumsi saat diet adalah daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak. Hal ini dikarenakan daging tersebut mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

3. Konsumsi makanan yang rendah kalori

Makanan yang rendah kalori dapat membantu mengurangi asupan kalori dan membantu menurunkan berat badan. Beberapa contoh makanan yang rendah kalori antara lain sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

4. Konsumsi makanan yang mengandung air

Makanan yang mengandung air dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan yang mengandung air antara lain buah-buahan seperti semangka dan sayuran.

Hindari camilan manis yang mengandung gula dan lemak jenuh

5. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh

Dilansir dari Harvard Health Publishing, makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh dapat membuat tubuh cepat merasa lapar dan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh seperti cemilan manis, kue, dan sebagainya.

6. Konsumsi camilan sehat

Camilan sehat dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh camilan sehat antara lain buah-buahan, sayuran, dan yogurt. Dalam mengonsumsi camilan juga harus dibatasi dalam jumlah secukupnya dan tidak boleh berlebihan. 

7. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Demikian tips diet sehat bebas lapar dan efektif untuk menurunkan berat badan. Selain menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat, mengimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga juga diperlukan agar mencapai berat badan yang ideal. 

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading