Sukses

Health

Studi: Mendengar Lagu Sedih Bisa Membuat Perasaan Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa membuat perasaan tidak nyaman. Ada banyak hal pula untuk membuat perasaan tersebut kembali nyaman. Salah satunya yakni mendengar lagu sedih. Tapi, bagaimana hal ini bisa terjadi? Mungkinkah lagu sedih bikin suasana hati jadi lebih baik?

Lagu Sedih Bantu Melegakan Perasaan

Mengutip dari laman everydayhealth.com, mendengar lagu sedih bisa membangkitkan respon emosional kelegaan pada psikologis atau perasaan. Perasaan sedih yang semula sangat menyakitkan, dengan lagu sedih akan terasa lebih ringan untuk dirasakan. 

Arianna Ghalliger, seorang direktur dan pekerja sosial di Stress, Trauma, and Resilience (STAR) Program di Amerika Serikat (AS), mengungkapkan jika “Lagu sedih bisa membantu seseorang mengakses emosi yang mungkin seharusnya menyakitkan dengan cara yang minim risiko, disengaja, dan terbatas oleh waktu.”

Tempo Lagu Sedih Menurunkan Emosi

Sebuah studi dari The University of Chicago Press menemukan, orang cenderung memilih lagu-lagu sedih setelah terjadi interaksi yang membuat frustrasi, kecewa dan sakit. Carolina Esteve, seorang psikolog Infinite Recovery di Texas, AS, mengungkapkan jika lagu sedih bisa bantu menurunkan tekanan darah. Tempo lagu sedih yang pelan dan ringan, membantu membuat perasaan terasa lebih tenang. 

“Seringkali, lagu sedih memiliki tempo yang lebih lambat dan nada yang lebih rendah daripada jenis musik lainnya. Jenis suara yang dikeluarkan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, meredakan ketegangan otot, dan menurunkan kadar kortisol.” Ungkap Carolina.

Mengekspresikan Perasaan dengan Lagu Sedih

Mendengar lagu sedih, bisa membantu seseorang mengekspresikan perasaan yang ia rasakan dengan cara yang tepat. Saat mendengar lagu sedih, seseorang cenderung berpikir bahwa ia tidak sendiri dalam kesedihan, rasa sakit hati dan kecewa. 

Selain itu, lagu sedih membantu seseorang merasa terhibur. Hal ini karena apa yang tidak bisa ia jelaskan dengan kata-kata, tergambar jelas dalam musik tersebut. Terkadang, musik bisa menjadi energi positif bagi seseorang. Terlebih untuk jenis musik yang memberikan ketenangan, penghiburan dan penguat mental. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading