Sukses

Health

8 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki kelebihan berat badan tentu menjadi hal yang dapat mengganggu kesehatanmu. Oleh karena itu, menurunkan berat badan menjadi penting bagi mereka. Biasanya beberapa orang akan mulai mencari cara untuk menurunkan berat badan seperti mengikuti program diet, melakukan aktivitas fisik atau olahraga, mengubah pola hidup sehat, hingga membatasi pengonsumsian makanan tertentu. 

Menurunkan berat badan tentu memerlukan proses yang tidak cepat mulai dari perubahan pola hidup yang membuat tubuh perlu beradaptasi hingga tantangan-tantangan yang akan dihadapi baik dari perkataan orang-orang yang tidak mendukung maupun aroma makanan ketika berada di luar rumah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menetapkan target yang tidak realistis dalam waktu yang cepat.

Pastikan dalam menurunkan berat badan kebutuhan asupan dan nutrisi tetap terpenuhi. Kamu juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya melakukan cara yang benar. Menurunkan berat badan terkadang memerlukan biaya yang cukup besar ketika kamu mengikuti program diet atau memilih untuk memesan catering makanan untuk diet. Namun, tak perlu khawatir karena menurunkan berat badan dapat dilakukan secara alami.

 

 

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Menurunkan berat badan kini tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, tetapi kamu dapat melakukannya secara alami untuk menghemat biaya. Beberapa cara menurunkan berat badan secara alami yang dilansir dari healthline.com.

Menambahkan protein ke dalam diet

Protein merupakan raja nutrisi. Diet tinggi protein juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. 

Menghindari makanan olahan

Biasanya makanan olahan mengandung gula tambahan, lemak tambahan, dan kalori yang tinggi sehingga tidak sehat bagi tubuh.

Mengonsumsi makanan utuh

Mengonsumsi makanan utuh membantu kamu untuk menghilangkan sebagian besar gula tambahan dan lemak tambahan dari makanan olahan. Selain itu, mengonsumsi makanan utuh akan membuat kamu lebih kenyang dan tetap dalam batas kalori yang sehat serta mendapatkan banyak nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh. 

Membatasi asupan gula tambahan

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan gula tambahan akan berisiko terhadap beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Oleh karena itu, membatasi asupan gula tambahan merupakan cara yang baik untuk memperbaiki pola makan.

 

 

Membatasi Asupan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan merupakan karbohidrat yang sebagian besar nutrisi dan seratnya telah dihilangkan seperti tepung putih, roti putih, nasi putih, hingga sereal sarapan. Semua sumber makanan utama karbohidrat tersebut nantinya akan meningkatkan resiko makan berlebih dan penyakit karena proses pemurniannya hanya menyisakan karbohidrat yang mudah dicerna. 

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan yang sangat sehat dan ramah untuk penurunan berat badan karena memiliki kandungan air, nutrisi, dan serat yang tinggi serta kepadatan energi yang sangat rendah. 

Makan lebih lambat 

Makan terlalu cepat akan memungkinkan kamu untuk mengonsumsi kalori yang lebih banyak sebelum tubuh akhirnya menyadari bahwa kamu sudah kenyang, sedangkan mengunyah lebih lama akan membantu kamu mengonsumsi kalori lebih sedikit dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan. 

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi faktor yang sangat penting untuk menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan di masa mendatang. Kekurangan waktu tidur akan mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan dan membuat kamu menjadi lapar. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading