Sukses

Health

5 Kebiasaan Harian yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, stroke, hingga serangan jantung. Karena itu penting untuk menurunkan kolesterol karena dapat membantu mencegah penyakit kronis yang dipicu kolesterol. Menurunkan kolesterol dapat dilakukan dari gaya hidup sehat seperti cermat memilih makanan.

Melansir dari WebMD, mengubah gaya hidup menjadi sehat lebih baik daripada pengobatan khusus untuk kolesterol. Langkah mengubah gaya hidup bisa dimulai dari kebiasaan harian. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Mengurangi Konsumsi Lemak Jahat

Mengurangi konsumsi lemak hewani pada daging hewan menjadi langkah awal menurunkan kolesterol. Hal ini termasuk pada lemak pada produk susu seperti mentega, susu, keju, dan es krim. Ahli jantung mengatakan cara ini lebih efektif daripada rutin mengonsumsi obat untuk menjaga kadar kolesterol normal. Iringi dengan rutin mengonsumsi lemak sehat pada minyak zaitun dan kacang-kacangan untuk suplai nutrisi tubuh.

2. Rutin Mengonsumsi Serat

Serat memang terkandung pada semua jenis sayur dan buah, namun beberapa jenis makanan mengandung serat yang lebih banyak. Rutin mengonsumsi oat, kacang, ubi, dan sayuran secara signifikan menurunkan kadar kolesterol. Kurangi konsumsi karbohidrat ringan seperti roti, kerupuk, dan kentang putih.

3. Rutin Berolahraga

Gemar olahraga setiap hari? Bagus! Olahraga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mempertahankan jumlah normal selama 24 jam. Dengan begitu, olahraga 2 kali dalam seminggu rasanya tak cukup. Olahraga setiap hari adalah solusi tepat. Tak perlu aktivitas berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit pun memberi manfaat.

4. Relaksasi Diri untuk Menangani Stres

Penelitian menemukan orang yang mengalami stres memiliki tingkat kolesterol jahat lebih tinggi daripada yang merasa bahagia setiap harinya. Merasa senang setiap hari mungkin terdengar mustahil. Namun, kamu bisa atasi dengan membuat tubuh rileks dan nyaman agar tidak stres. Cobalah untuk melukis, bernyanyi, yoga, atau kegiatan lain yang dapat meningkatkan mood agar stres dapat teratasi.

5. Menambah Rempah Pada Tiap Menu Makanan

Suka mengonsumsi kopi? Tambahkan taburan bubuk kayu manis sebagai rempah yang berkhasiat. Penelitian menemukan menambahkan rempah-rempah setiap makan akan menurunkan kolesterol hingga 9%. Tambahkan bawang putih, jahe, lada hitam, dan ketumbar pada setiap masakan akan memberi khasiat yang baik.

Sudah terapkan kebiasaan di atas? Maka kamu sudah melalui cara yang tepat untuk mengatasi kolesterol tinggi. Melakukan cara alami akan lebih baik.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading