Sukses

Health

Cegah Kanker, Begini Cara Mendeteksi Benjolan di Payudara

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita di Indonesia. Sama halnya dengan kanker lainnya, kanker payudara juga sangat mematikan. Bahkan kanker payudara termasuk penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

Salah satu pencegahan kanker payudara adalah dengan SADARI atau periksa payudara sendiri. SADARI dilakukan untuk mendeteksi benjolan tidak wajar di area payudara.

Cara melakukan SADARI tidak bisa sembarangan. Berikut cara mendeteksi benjolan abnormal pada payudara dengan SADARI.

Langkah-langkah Melakukan SADARI

1. Berdiri di depan cermin dan angkat tangan

Pastikan bahu lurus sejajar. Setelah itu, letakan tangan pada pinggang. Amati bentuk, ukuran dan warna payudara. Kelainan yang mungkin ditemukan adalah benjolan, kerutan, posisi puting tidak normal, struktur kulit, atau kemerahan.

2. Angkat kedua lengan

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada kelainan pada payudara. Payudara yang normal, keduanya akan terangkat secara bersamaan.

3. Tekan permukaan payudara secara perlahan

Tekan permukaan payudara menggunakan ujung jari secara perlahan. Rasakan apakah ada benjolan pada payudara. Raba setiap permukaan payudara dengan beberapa pola, seperti melingkar, kanan ke kiri, atas ke bawah, tengah ke samping atau hingga ketiak.

4. Peras puting perlahan

Amati apakah ada cairan yang keluar. Cairan yang keluar biasanya berwarna putih, kuning atau darah. Hal tersebut menunjukan payudara yang tidak normal.

5. Bungkukan badan

Lihat ke cermin ketika membungkuk. Amati dan raba apakah ada perubahan tertentu pada payudara.

6. Periksa payudara dengan keadaan berbaring

Beri bantalan pada sisi payudara yang akan diperiksa. Letakan tangan pada belakang kepala. Setelah itu, gunakan ujung jari untuk melakukan pemeriksaan.

Cara Lain Untuk Mencegah Kanker Payudara

Untuk memperkecil kemungkinan terkena kanker payudara, kamu tetap harus menerapkan pola hidup sehat seperti berikut ini:

  • Mempertahankan berat badan ideal atau menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal
  • Menghentikan atau setidaknya membatasi konsumsi minuman beralkohol
  • Mengonsumsi makanan bergizi setiap hari
  • Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari
  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani terapi pengganti hormon pascamenopause, karena terapi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara

Jika kamu beresiko tinggi terkena kanker payudara, misalnya karena secara genetik atau hasil dari pemeriksaan MRI, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencegah kanker payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading