Sukses

Health

6 Tips Sederhana untuk Menambah Kualitas Tidur Agar Terasa Segar Saat Bangun

Fimela.com, Jakarta Setiap pagi, kita semua pasti berharap untuk bangun dengan perasaan yang bugar dan segar. Namun, tidak semua pola tidur dapat memberikan kualitas tidur yang sempurna. Terkadang, di pagi hari pastinya kita merasakan badan yang terasa lesu, letih, dan kurang semangat. 

Sebenarnya terdapat banyak sekali faktor kenapa seseorang tidak bisa mendapatkan tidur yang menyegarkan. Dilansir oleh health.com, terdapat 9 alasan yang paling umum yang menyebabkan seseorang sudah tidur, seperti alkohol, kafein, stres, kesehatan mental, dan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan. Nhlbi.nih.gov juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan dampak negatif untuk kesehatan manusia, seperti penyakit jantung, gangguan pada ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, dan depresi.

Maka dari itu banyak ahli mengungkapkan bahwa tidur yang cukup merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Berdasarkan data yang disebarkan oleh katadata.co.id mengungkapkan bahwa 46,2% masyarakat Indonesia hanya mendapatkan waktu tidur sekitar 4 sampai dengan 6 jam dalam semalam dan 14,4% orang mengungkapkan bahwa mereka hanya mendapatkan waktu tidur sekitar 2-4 jam, bahkan 1,7% orang mengakui bahwa dia tidur kurang dari 2 jam per malam. 

Newsinhealth.nih.gov mengungkapkan bahwa  tidur merupakan salah satu aktivitas yang paling penting untuk dilakukan. Hal ini karena rutinitas tidur yang ideal dan nyenyak dapat membantu meningkatkan kinerja otak, suasana hati, dan kesehatan tubuh seseorang. Mayoclinic.org juga merekomendasikan waktu tidur yang ideal.

  1. Bayi berusia 4 bulan sampai 12 bulan, 12 sampai 16 jam per 24 jam dan sudah termasuk tidur siang.
  2. Anak berusia 1 sampai 2 tahun, 11 sampai 14 jam per 24 jam dan sudah termasuk tidur siang.
  3. Anak berusia 3 sampai 5 tahun, 10 sampai 13 jam per 24 jam dan sudah termasuk tidur siang.
  4. Anak berusia 6 sampai 12 tahun, 9 sampai 12 jam per 24 jam.
  5. Anak berusia 13 sampai 18 tahun, 8 sampai 10 jam per 24 jam.
  6. Orang dewasa, 7 atau waktu tidur lebih lama di malam hari.

Berikut adalah 6 tips dari Mayoclinic.org untuk medapatkan waktu tidur yang nyenyak.

 

 

Berawal dari Tekad

  • Berpegang dengan Jadwal

Tentukan jadwal tidur harianmu, setidaknya pastikan kamu tidur setidaknya 7 jam setiap malamnya. Jika bisa hindari tidur kurang dari 7 jam. Sebagian besar individu tidak perlu tidur lebih dari delapan jam untuk mencapai istirahat yang memadai.

Terpenting adalah untuk selalu berpegang terhadap dedikasi yang telah kamu putuskan. Meskipun besoknya adalah tanggal merah, tidak ada alasan untuk tidur diluar dari jam segitu. Selalu berpegang kepada kedisiplinan waktu tidur dan bangun akan membantumu untuk mengatur siklus tidur dan bangun tubuhanda,

Jika Anda kesulitan tidur dan lebih dari 20 menit berlalu tanpa tertidur, tinggalkan kamar tidur Anda dan lakukan aktivitas menenangkan seperti membaca atau mendengarkan musik yang menenangkan. Jika berhasil, tips ini bisa kamu lakukan secara rutin terutama saat kamu tidak bisa tidur.

Perhatikan apa yang kamu Konsumsi

Hindari tidur saat perut lapar atau kekenyangan, terutama jika kamu mengonsumsi makanan yang berat beberapa jam sebelum tidur. Hal ini karena dapat membuatmu merasa tidak nyaman. 

Selain itu, perlu waspada terhadap pengaruh nikotin, kafein, dan alkohol. Efek merangsang dari nikotin dan kafein memerlukan waktu berjam-jam untuk hilang dari tubuh, yang mungkin mengganggu kualitas tidur Anda. Meskipun alkohol mungkin menyebabkan rasa kantuk pada awalnya, itu dapat mengganggu tidur Anda pada malam hari.

Ciptakan Lingkup yang Nyaman

Sebelum tidur pastikan ruangan dimana kamu tidur sudah sesuai dengan standar yang dapat membuatmu nyaman, seperti lampu yang gelap, ruangan dingin, dan tenang. Disarankan untuk menjauhkan diri kamu dengan berbagai macam gadget, hal ini dikarenakan gadget dapat membuatmu lupa dengan waktu tidur.

Pertimbangkan untuk menggunakan penutup mata tidur untuk memblokir cahaya untuk mendapatkan kualitas tidur yang ekstra. Praktikkan kegiatan yang bersifat menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau mengikuti teknik relaksasi, karena ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

 

Kurangi Tidur Siang

Tidur siang bisa dikatakan dapat menyebabkan susah tidur di malam hari, secara tidak langsung juga kamu akan lebih susah untuk mendapatkan kualitas tidur yang ideal dan nyaman. 

Namun, jika pada saat malam hari kamu perlu menyelesaikan pekerjaan, disarankan untuk tidur siang untuk membantu konsumsi waktu tidur yang kurang.

Selalu Kolaborasikan Aktivitas dengan Waktu tidur yang sempurna

Mayoclinic.org mengungkapkan bahwa Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada sebelumnya. Namun disarankan untuk menghindari aktivitas fisik sesaat sebelum kamu ingin tidur. Disarankan untuk melakukan aktifitas fisik di luar ruangan.

Atur dan Kendalikan Rasa Takut.

Salah satu alasan kenapa orang tidak bisa mendapatkan tidur yang sempurna adalah karena stres atau rasa khawatir. Disarankan, jika kamu memiliki pemikiran yang dapat membuat hatimu tidak tenang, tulislah apa yang membuatmu khawatir di dalam sebuah buku dan pikirkan lagi besik.

Upaya dalam mengelola stres mungkin dapat memberikan bantuan. Dimulai dengan tindakan-tindakan dasar, seperti merencanakan, menentukan tingkatan kepentingan, dan membagi tugas. Penerapan meditasi juga bisa membantu mengurangi perasaan cemas.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading