Sukses

Health

5 Langkah Memperbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan

Fimela.com, Jakarta Saat dewasa, pada akhirnya kamu menyadari bahwa dipaksa tidur siang ketika masih kecil ternyata sebuah anugerah terbesar yang pernah diberikan oleh kehidupan. Seiring bertambahnya usia, pikiran menyimpan begitu banyak informasi penting seperti stress, tugas, dan beban. 

Karena hal itu, tidur nyenyak seolah menjadi sangat sakral dan seringkali semakin sulit untuk didapatkan. Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur ketika kamu memiliki waktu adalah dengan mengikuti rutinitas tidur yang sehat. Dilansir dari byrdie dan sleepfoundation (8/9) ini 5 langkah memperbaiki jadwal tidur yang berantakan. 

No scrolling

Kebiasaan scroll ponsel sebelum tidur adalah kebiasaan yang sangat populer tetapi sangat buruk. Kamu hanya akan membuat mata terpapar cahaya biru yang berlebihan saat tidur. Selain itu kamu juga akan mengaktifkan otak dan menghasilkan kortisol pada saat kamu seharusnya bersantai. Sifat adiktif dari ponsel bisa menjadi penghalang yang besar untuk waktu tidur yang teratur dibandingkan TV karena sifatnya sangat menarik dan memicu dopamin.

Batasi kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol dapat merusak rutinitas tidur yang sehat. Alkohol memang membuat kamu mengantuk tetapi mempengaruhi siklus tidur kamu dan membuat kamu cenderung terbangun dan tidur dengan kualitas rendah seiring malam berlalu. Kafein menyebabkan kegelisahan pada waktu tidur dan membuat kamu menjadi waspada. Akan sangat membantu jika kamu mengurangi dua minuman ini terutama pada sore dan malam hari untuk kualitas tidur yang baik. 

Latihan relaksasi sebelum tidur

Relaksasi sebelum tidur dapat membantu pikiran beristirahat sehingga membantu tidur. Berlatih meditasi sebelum tidur mencegah gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Latihan ini juga membawa rasa tenang pada tubuh, jiwa, dan pikiran sehingga kamu lebih rileks saat naik ke tempat tidur dan menghasilkan tidur yang positif.

Kurangi tidur siang

Berhati-hatilah dengan tidur siang. Meskipun tidur siang menyehatkan dan memulihkan dalam beberapa kasus, tidur siang juga dapat mengganggu rutinitas tidur kamu. Usahakan untuk tidur siang kurang dari 30 menit dan hanya pada sore hari untuk mencegah gangguan tidur pada malam harinya. 

Buat lingkungan tidur yang nyaman

Kamar tidur yang tenang dan gelap adalah yang terbaik untuk mendorong kamu tertidur nyenyak. Suhu yang sejuk dalam ruangan namun nyaman dan aroma menenangkan seperti lavender dapat meningkatkan relaksasi dan memberi isyarat untuk tidur. Jadikan kamar tidur menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dengan kasur, bantal, dan selimut yang nyaman. 

Sahabat Fimela, demikian 5 langkah memperbaiki jadwal tidur yang berantakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading