Sukses

Health

7 Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Bibir pecah-pecah biasanya terjadi saat kamu mengalami bibir kering. Biasanya bibir pecah-pecah adalah kondisi umum yang akan terjadi pada kebanyakan orang. Namun ada beberapa orang yang mungkin mengalami bentuk bibir pecah-pecah yang disebut cheilitis.

Cheilitis biasanya dapat disebabkan oleh infeksi serta ditandai dengan kulit pecah-pecah di sudut bibir. Namun perawatan bibir pecah-pecah maupun kering dapat kamu temui dengan sederhana dan tindakan pencegahan.

Bibir pecah-pecah terkadang membuat kita kurang percaya diri. Terlebih saat kita harus berbica dengan orang lain. Tak hanya itu hal ini juga membuat kita sulit menggunakan kosmetik seperti lipstick. Nah untuk itu kamu perlu mencari tahu apa saja penyebab bibir percah-pecah:

1. Pola Makan

Bagi kamu penggemar makanan ringan seperti kripik atau makanan pedas. Bisa jadi bibir kamu akan mengelupas, terutama jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Makanan yang asin atau mengandung banyak garam, maka dapat mempengaruhi kulit.

2. Menjilati Bibir

Selanjutnya jika kamu sering menjilati bibir. Hal ini justru akan memperburuk keadaan kulit kering kamu. Air liur terdiri dari enzim yang dimaksudkan untuk memcah lemak, protein, dan karbohidrat.

3. Terkena Paparan Sinar Matahari

Bibir kamu akan kehilangan bagian atas kulit dengan perlindungan UV bawaan. Jadi jika kamu berada di sinar matahari tanpa menggunakan lip balm SPF, kemungkinan kulit di bibir kamu akan mengelupas. Matahari akan membuat kulit kering secara alami.

4. Pertumbuhan Lebih Ragi

Apakah kamu memiliki underbite? Atau mungkin kamu ngiler saat tertidurr? Fakto-faktor ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih ragi dan beberapa infeksi jamur di mulut. Jenis infeksi ini akan menyebabkan kulit kering dan terkelupas di sekitar mulut, selain itu juga dapat menyebabkan pecah-pecah.

 

5. Pengaruh Obat

Ternyata beberapa obat-obatan dapat dengan mudah menyebabkan bibir kering dan mengelupas. Beberapa obat jerawat akan membuat bibir kamu kering, hal ini mengharuskan kamu untuk menggunakan lip balm untuk melembabkan kulit.

6. Actinic Cheilitis

Kondisi ini kulit rusak akibat paparn sinar matahari. Selain itu masalah ini akan kerap terjadi pada beberapa orang usi dewasa atau tua. Selain itu hal ini juga dapat berpengaruh dalam jangka panjang dan bias any akan meyebabkan kanker kulit. Pada area bibir pecah0pecah ini akan lebih mudah bagi kanker kulit untuk muncul.

7. Kekurangan Vitamin

Ternyata kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Seperti halnya jika kamu kekurangan vitamin B maka akan menyebabkan bibir kerig, pecah-pecah dan memerah.

 

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Berikut beberapa cara efektif dan sederhana untuk mencegah bibir pecah-pecah dan menjaga bibir kamu agar tetap halus dan terhidrasi:

  • Hindari menjilat bibir : Beberapa orang terkadang akan menjilat bibir untuk mengurangi rasa kering dalam bibir. Tetapi ternyata air liur dapat memperburuk keadaan kulit kering tersebut.
  • Memperhatikan bibir : Jika kamu mulai terasa kering atau gatal, dapat mengoleskan lip balm lebih awal.
  • Hindari Makanan Pedas : Jika kamu memiliki kulit sensitif, cobalah untuk meghindari makanan pedas atau makanan asin yang dapat mengiritasi bibir.

Itulah di atas beberapa informasi mengenai bibir pecah-pecah yang sering menganganggu kamu. Selain itu kamu juga dapat mengatur pola makan agar tehindar dari bibir pecah-pecah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading